Cara Download Video Youtube di Android

CiriCara Tekno – Setiap kali mencari video klip atau video trailer di internet kita tentu akan langsung tertuju pada situs berbagi video, Youtube. Situs ini memang sudah jadi situs ketiga yang paling sering dikunjungi para netizen, setelah Google Search dan Facebook.

Berbagai genre video tersaji di Youtube. Membuat para netizen jadi ingin terus menontonya dan bahkan mengunduh atau mendownloadnya. Pertanyaannya, bisakah kita mendownload video dari Youtube melalui smartphone Android?

Bisa, saat ini sudah tersedia aplikasi Youtube yang memiliki fitur Youtube Offline untuk smartphone Android. Mau tahu caranya?

1. Install Pembaruan Aplikasi Youtube

YouTube

Kamu sudah punya aplikasi Youtube di smartphone Android? Sekarang kamu tinggal unduh pembaruan aplikasinya yang tersedia di Google Play Store. Buat yang belum punya silakan langsung install saja melalui Google Play Store. Di aplikasi Youtube terbaru itulah ada fitur offline yang akan membantu kita menonton video tanpa harus menggunakan jaringan internet.

2. Klik Simbol Unduh

YouTube

Setelah selesai terinstall, sekarang kamu tinggal membuka aplikasi Youtube tersebut dan pilih video yang ingin didownload atau diputar secara offline. Nanti di bagian bawah video akan muncul simbol Unduh, kamu bisa klik simbol tersebut untuk mendownloadnya. Namun tidak semua video menyediakan fitur tersebut.

3. Pilih Kualitas Video

YouTube

Pada saat akan mengunduh, kamu akan diminta untuk memilih kualitas video. Jika ingin video berkualitas bagus, kamu bisa pilih HD-720p. Namun kualitas HD ini butuh space memori lebih besar dan butuh data internet yang banyak. Jika ingin hemat, pilih Normal – 360p. Tapi kemungkinan video akan sedikit pecah saat diputar. Setelah itu klik OK untuk mengunduh.

4. Pilih Menu Offline

YouTube

Jika proses mengunduh sudah selesai, maka video tersebut akan masuk ke menu Offline yang ada di bagian bawah profil akun Youtube kamu. Untuk menonton video tersebut, kamu tinggal memilih dan menekannya saja. Video sudah bisa ditonton dengan lancar tidak peduli sinyal internet sedang jelek sekalipun.

Namun demikian, video yang sudah diunduh di menu Offline akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam. Hal ini memang cukup mengecewakan, namun dengan adanya fitur Offline tersebut setidaknya kita tidak harus terganggu oleh buffering karena koneksi internet lemot.

Bagaimana? Gampang kan? Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments