Cara Mengamankan Jaringan WiFi Anda

Hacker

CiriCara Tekno – Jaringan WiFi di rumah atau di kantor Anda tiba-tiba mendadak jadi lambat dan boros data? Kemungkinan ada orang lain yang berhasil menjebol jaringan WiFi Anda. Lebih baik segera proteksi jaringan WiFi Anda agar lebih aman.

Perlu Anda tahu, jaringan WiFi adalah yang paling mudah diserang. Apalagi saat ini banyak aplikasi di smartphone atau notebook yang bisa dipakai untuk menjebol WiFi seseorang. Anda tentu tidak mau dong jaringan WiFi Anda diakses orang lain tanpa seijin Anda?

Langsung saja yuk simak cara mengamankan jaringan WiFi agar tidak mudah diterobos orang lain atau hacker:

1. Masukkan nama pengguna dan password

Buka halaman pengaturan router dengan menggunakan komputer atau notebook. Anda bisa mengetikkan “192.168.1.1” melalui browser, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password sesuai keinginan Anda. Cara untuk membuka halaman pengatuan router bisa berbeda-beda, jadi lebih baik baca dulu petunjuk manualnya.

2. Password unik dan susah ditebak

Agar jaringan WiFi Anda tidak mudah dijebol orang lain, pilih password yang unik dan susah ditebak. Hindari menggunakan password dari tanggal lahir atau nama Anda. Untuk merubah password, Anda bisa membuka pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router yang sudah dibuka melalui browser di notebook tadi.

3. Ubah nama SSID

Jaringan WiFi yang baru pertama kali dipakai akan memunculkan nama SSID sesuai dengan tipe perangkat routernya. Anda sebaiknya merubah nama SSID atau nama jaringan WiFi tersebut yang kiranya mudah dikenali oleh Anda.

4. Aktifkan enskripsi jaringan

Untuk mencegah perangkat lain yang ada di sekitar jangkauan WiFi Anda, segera aktifkan enskripsi jaringan. Anda bisa mengaktifkannya melalui menu pengaturan dan pilih salah satu enskripsi kode, WEP, WPA, dan WPA2. Dimana enskripsi yang dinilai paling aman adalah WPA2.

5. Filter alamat MAC

Setiap perangkat komputer atau notebook mempunyai alamat MAC (MAC Address) yang berbeda-beda. Nah, Anda bisa memasukkan alamat MAC perangkat Anda sebagai perangkat satu-satunya yang bisa mengakses WiFi. Dengan demikian perangkat lain tidak akan bisa mengakses WiFi Anda.

Demikian cara-cara untuk mengamankan WiFi. Jangan sampai deh, WiFi Anda malah dipakai orang lain secara diam-diam. Anda yang bayar tagihan internetnya setiap bulan, tapi orang lain yang menikmati fasilitas WiFi Anda.

About the author /


Post your comments