Cara Mudah Melacak Smartphone Android yang Hilang

CiriCara Tekno – Apa yang Anda lakukan jika smartphone Android Anda hilang atau dicuri oleh orang? Tidak perlu panik atau bahkan menangis. Karena smartphone Android yang hilang itu tetap bisa kita lacak dengan mudah. Mau tahu caranya?

Untuk melacak smartphone Android, kita tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi pihak ketiga di smartphone. Karena pihak Google sendiri sudah menyediakan fitur atau aplikasi resmi untuk melacak smartphone Android lewat perangkat komputer atau laptop.

Pengguna smartphone Android pun tidak perlu bayar untuk menikmati fitur pelacak tersebut. Langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Kunjungi situs Google

Langkah pertama untuk melacak smartphone Android adalah buka situs Google.com atau Google.co.id melalui perangkat komputer. Lalu login menggunakan akun Google atau Gmail yang sama yang dipakai di smartphone Android untuk mengakses Play Store.

2. “Find my phone”

Ketik kalimat “find my phone” di kolom pencarian situs Google. Maka otomatis kamu akan dialihkan ke tampilan peta yang berasal dari fitur “Android Device Manager”, klik peta tersebut untuk memperbesar. Dari peta ini kamu bisa melihat titik lokasi smartphone kamu berada saat ini.

Fitur Android Device Manager ini menyediakan 3 pilihan tindakan yang dapat dilakukan oleh si pemilik smartphone dari jarak jauh menggunakan jaringan internet tentunya:

– Lambang GPS: untuk melacak lokasi smartphone yang hilang.
– Ring: untuk membunyikan smartphone selama 5 menit.
– Set Up Lock & Erase: untuk mengunci smartphone dan menghapus semua data di dalamnya. Ini bisa jadi pilihan terakhir agar data yang ada di smartphone yang hilang tidak tersebar.

Namun untuk mengaktifkan fitur pelacak tersebut smartphone harus dalam kondisi hidup saat hilang dan masih terkoneksi dengan internet. Dan pastikan juga fitur GPS di smartphone sudah menyala dan akun Google yang ada di smartphone masih memakai akun yang sama. Pengguna juga diharuskan untuk login atau verifikasi akun Google saat pertama kali menggunakan fitur tersebut.

Selain cara di atas, Anda juga bisa langsung mengunduh dan menginstal aplikasi Android Device Manager melalui Google Play Store. Tenang, aplikasi pelacak lokasi smartphone ini gratis kok.

About the author /


Post your comments