Cara “Smart” Pakai Smartphone

Pakai Smartphone

CiriCara Tekno – Sekarang ini memang sudah jamannya pakai ponsel pintar atau smartphone. Tapi, tidak hanya ponsel saja yang dituntut untuk pintar. Anda sebegai pengguna smartphone pun harus pintar saat memakainya.

Percuma punya smartphone keluaran terbaru, tapi Anda tidak smart dalam memakainya. Perlu Anda tahu, smartphone tidak hanya punya efek positif tapi juga punya efek negatif. Kalau Anda tidak smart dalam memakainya, bisa saja Anda malah mendapat efek negatif dari smartphone.

Tidak mau terkena dampak buruk dari smartphone? Ikuti cara smart berikut ini:

1. Ingat tempat

Dalam memakai smartphone Anda harus ingat tempat dan kondisi sekitar. Usahakan untuk tidak memakai smartphone saat Anda sedang berjalan di trotoar atau tempat umum lainnya. Bermain smartphone sambil berjalan bisa menghilangkan konsentrasi. Bukan tidak mungkin Anda bisa terperosok ke dalam lubang selokan atau bahkan menabrak orang lain karena terlalu asik bermain smartphone.

2. Ingat waktu

Memakai smartphone bisa membuat Anda lupa waktu. Untuk itu cobalah membatasi waktu penggunaan smartphone. Pakai smartphone usahakan beberapa jam saja dalam sehari, kecuali ada urusan pekerjaan. Terlalu lama memakai smartphone juga bisa membuat Anda kecanduan.

3. Jangan terlalu bergantung pada smartphone

Dengan smartphone kita bisa melakukan banyak hal sekaligus, berinternet, baca majalah online, media sosial, GPS, bermain game, dll. Hal ini memang sangat membantu, tapi cobalah untuk tidak terlalu bergantung pada smartphone. Sesekali membaca majalah biasa atau koran lama juga tidak masalah. Hal ini mencegah kerusakan pada mata akibat terlalu lama pakai smartphone.

4. Pilih pilih aplikasi

Android, iOS, dan Microsoft menyediakan banyak aplikasi gratis untuk smartphone. Namun, Anda jangan terbawa nafsu lalu mengunduh semua aplikasi yang ada. Pilih aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan dan hindari aplikasi yang tidak perlu. Hal ini berguna untuk mencegah boros kuota internet.

5. Sedikit game

Usahakan untuk tidak menginstall banyak game sekaligus. Pilih salah satu saja, baru setelah selesai Anda boleh install game lain. Memainkan banyak game sekaligus akan membuang waktu luang Anda. Lebih baik manfaat waktu luang untuk hal yang lebih bermanfaat lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah melakukan cara-cara di atas?

About the author /


Post your comments