Ciri Kamu Masih Aman dari Kecanduan Ponsel

Kecanduan Smartphone

CiriCara Tekno – Ponsel pintar atau smartphone memang sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari membantu mengurus masalah pekerjaan sampai dengan menyediakan hiburan untuk melepas stres.

Namun demikian, terlalu sering bergantung pada smartphone bisa membuat kita kecanduan. Dan kalau sudah kecanduan, tentu hal ini akan berpengaruh buruk pada kehidupan kita. Mulai dari malas bersosialisasi hingga tidak peka terhadap kondisi di sekitar. Kamu tentu tidak mau kan mengalami kecanduan ponsel?

Ada batasan atau ciri kita masih aman dari kecanduan ponsel. Berikut ciri-cirinya:

1. Tidak memulai hari dan mengakhiri hari dengan ponsel

Jika saat bangun tidur kamu lebih dulu berdoa lalu cuci muka dan malam sebelum tidur kamu tidak memegang ponsel, itu ciri kalau kamu aman dari kecanduan ponsel. Orang yang sudah kecanduan pasti akan langsung mengecek ponsel saat bangun tidur karena khawatir ada pesan masuk atau komentar atas postingan yang telah dibuat tadi malam.

2. Lupa membawa ponsel namun tetap tenang

Jika kamu lupa tidak membawa ponsel namun kamu tetap merasa tenang, itu artinya kamu masih aman. Berbeda dengan orang yang kecanduan ponsel, pasti dia akan merasa resah atau gelisah saat tahu ponselnya tertinggal di rumah.

3. Tidak tidur seranjang dengan ponsel

Kebanyakan orang cenderung lebih sering menggunakan ponsel sambil tiduran dan bahkan sampai ketiduran. Padahal kebiasaan tersebut tidak sehat dan bisa merusak kualitas tidur kamu. Tidak tidur seranjang dengan ponsel bisa jadi tanda kalau kamu bisa lepas dari jeratan kecanduan ponsel.

4. Bisa memberi perhatian saat kumpul bersama

Apa yang kamu lakukan saat kumpul bersama keluarga atau teman? Jika kamu bisa memberi perhatian terhadap orang yang ada di sekitar kamu dan meletakkan ponsel di dompet atau tas, ini tanda kalau kamu aman dari kecanduan ponsel. Berbeda dengan yang sudah kecanduan, pasti perhatiannya selalu tertuju pada ponsel, sekalipun ada orang yang mengajaknya ngobrol.

5. Masih ingat tempat

Jika kamu masih sadar tempat dan mematuhi semua aturan untuk mematikan ponsel, seperti saat di tempat ibadah, di pesawat, dll. Itu artinya kamu masih aman dari kecanduan ponsel. Berbeda dengan orang yang sudah kecanduan, mau di toilet, di jalan raya, di pesawat dia bakal tetap memainkan ponsel tanpa peduli himbauan untuk mematikan ponsel.

Bagaimana? Apakah kamu termasuk orang yang masih aman dari kecanduan ponsel atau justru sebaliknya?

About the author /


Related Articles

Post your comments