Di Masa Depan Smartphone Bakal Bisa Deteksi Kehamilan

Tes Kehamilan di Smartphone

CiriCara Tekno – Sebuah teknologi baru hasil penelitian di Hanover Centre for Optical Technologies (HOT), Jerman, akan merubah smartphone jadi pendeteksi kehamilan. Teknologi baru tersebut merupakan sebuah sensor canggih yang dikembangkan para peneliti.

Sensor canggih tersebut diklaim bisa digunakan untuk melakukan sejumlah tes biomolukuler, yang salah satunya adalah tes kehamilan. Dimana sensor tersebut mampu memantau sejumlah cairan tubuh seperti urin, darah, air liur, keringat, dan napas.

Hebatnya lagi sensor canggih itu bisa memberikan hasil pantauan secara real-time. Jadi para calon ibu tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil tes kehamilan, seperti saat memakai test pack. Hasil pantauan sensor dapat diketahui dengan lebih cepat.

Dalam penggunaannya, kemungkinan sensor canggih tersebut dapat dibenamkan diperangkat smartphone. Nantinya pengguna smartphone cukup mengunduh dan menginstall aplikasi tertentu untuk menjalankan sensor canggih asal Jerman ini.

Aplikasi tersebut menggunakan ilmu sensor optik bernama surface plasmon resonance (SPR). Aplikasi ini nantinya juga akan terhubung dengan sinyal GPS, sehingga pengguna smartphone bisa mengetahui lokasi penting yang berhubungan dengan kesehatan, seperti rumah sakit dan apotek terdekat.

Tidak hanya tes kehamilan, SPR itu juga diklaim bisa mendeteksi penyakit diabetes dan gas berbahaya. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat mengingat kebanyakan orang sering tidak sadar kalau dirinya telah terkena diabetes sebelum akhirnya masuk rumah sakit.

Dr Kort Bremer, dari University of Hanover, Jerman, mengatakan bahwa pihaknya berharap SPR bisa menjadikan smartphone lebih bermanfaat. Dengan SPR tersebut smartphone bisa membantu penggunanya, khususnya dalam hal informasi kesehatan.

Sensor canggih yang dikembangkan para peneliti di HOT itu bisa sangat bermanfaat untuk memantau kesehatan. Namun sayangnya belum diketahui kapan pastinya SPR akan mulai dibenamkan di smartphone.

About the author /


Related Articles

Post your comments