Foto Selfie Jadi Pengganti PIN Kartu Kredit

Foto Selfie

CiriCara Tekno – Beberapa waktu terakhir ini tren foto selfie terus menjangkiti para pengguna smartphone. Karena tren foto selfie ini pun muncul lah sejumlah inovasi baru mulai dari ponsel dengan kamera beresolusi tinggi sampai dengan tongkat narsis atau tongsis.

Tidak hanya itu, bahkan kini kabarnya foto selfie juga akan dipakai untuk mengganti kode PIN kartu kredit. Rencana menjadikan foto selfie sebagai password atau kode PIN kartu kredit ini dicetuskan oleh perusahaan finansial yang berkecimpung di industri perbankan, MasterCard.

Mastercard saat ini tengah melakukan uji coba sebuah sistem baru yang akan menjadikan foto selfie sebagai pengganti kombinasi PIN kartu kredit. Untuk menjalankan ide ini, Mastercard menggunakan teknologi biometrik pengenal wajah.

Sistem baru itu akan memvalidasi pengguna kartu Mastercard melalui wajah saat dilakukannya transaksi. Pengguna cukup berpose selfie di depan kamera untuk mengkonfirmasi transaksi tersebut. Cara ini diklaim lebih aman ketimbang memakai kombinasi PIN.

Untuk bisa memakai teknologi tersebut, pengguna cukup menginstall aplikasi dari MasterCard melalui smartphone. Nanti aplikasi ini akan memunculkan peringatan pop-up setiap kali akan dilakukan transaksi. Dimana peringatan ini meminta pengguna untuk berpose selfie.

Pada saat berpose selfie, pengguna juga harus mengedipkan mata sebagai bukti wajah yang terlihat di kamera itu asli bukan sekadar foto atau gambar semata. Jika wajah si pengguna sesuai dengan data di MasterCard, maka transaksi akan dinyatakan berhasil.

Ajay Bhalla Chief Product Security Officer dari MasterCard menilai ide selfie sebagai pengganti PIN tersebut akan mendapat banyak dukungan, khususnya dari kalangan muda. Pasalnya kaum muda sekarang ini memang hobi sekali dengan foto selfie.

“Generasi muda yang suka melakukan selfie akan menganggap hal ini keren,” kata Bhalla.

Namun demikian, program baru MasterCard tersebut masih belum resmi diluncurkan. Saat ini program baru ini masih diujicoba pada 500 orang pengguna MasterCard. Rencananya program baru ini baru akan dirilis pada September 2015.

About the author /


Related Articles

Post your comments