Game “Jadul” Ini Bisa Bantu Kamu Move On

game tetris

CiriCara Tekno – Semua orang pasti punya kenangan buruk. Namun tidak semua orang bisa terlepas dari kenangan buruk itu. Ada kalanya kenangan buruk itu terus menghantui kita dan pada akhirnya membuat kita jadi trauma akan sesuatu hal.

Namun jangan khawatir, menurut peneliti dari Medical Research Council Cognition dan Brain Sciences Unit ada sebuah game yang bisa membantu orang untuk move on dari kenangan buruk di masa lalu. Bukan game Clash of Clans atau game lainnya, tapi game yang dimaksud adalah game Tetris.

Kamu pernah main game Tetris? Iya, game puzzle yang dikembangkan Rusia pada 1980-an ini pernah jadi game populer di Indonesia. Dulu game Tetris ini banyak dimainkan di perangkat yang disebut gimbot. Butuh strategi dan kecerdikan untuk main game jadul ini.

Meskipun game Tetris merupakan game jadul (jaman dulu), ternyata game ini punya manfaat. Menurut para peneliti, bermain Tetris bisa membantu pasien gangguan stres pasca trauma untuk cepat sembuh. Permainan visual dari Tetris ini diklaim mampu menghalang kenangan buruk yang akan muncul di otak.

“Ini menunjukkan bahwa ‘blokade kognitif sederhana’ bisa mengurangi kenangan trauma eksperimental melalui proses rekonsolidasi memori,” kata Emily Holmes, penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, seperti dikutip dari Tekno Liputan6.

Para peneliti menilai game Tetris dan game puzzle sejenis dapat membuat pasien trauma kembali pulih dalam waktu yang lebih cepat. Bermain permainan jadul tersebut dinilai efektif untuk memperbaiki “kerusakan” kilas balik atau kenangan buruk.

Menurut Holmes, semua orang bisa berusaha membuang kenangan buruk dan segera melupakannya. Namun kenangan buruk itu bisa muncul kembali ke pikiran apabila orang tersebut berada di kondisi tertentu yang berhubungan dengan kenangan buruk tersebut.

Kenangan buruk memang sulit untuk dilupakan. Tapi, terus mengingat-ingat masa lalu tidak akan membuat kita maju. Kamu susah move on? Mainkan game Tetris untuk mengatasinya. Tidak perlu repot-repot beli gimbot, saat ini sudah banyak game sejenis Tetris yang tersedia untuk perangkat smartphone. Selamat mencoba!

About the author /


Post your comments