Hati-hati “Jebakan” WhatsApp Bisa Dipakai Tanpa Internet

WhatsApp

CiriCara Tekno – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer di Indonesia. Pengguna aplikasi ini cukup banyak karena dinilai lebih praktis dan murah dibanding harus mengirim pesan melalui layanan pesan singkat atau SMS yang tarifnya tentu cukup mahal, meski ada juga operator selular yang menawarkan SMS gratis.

Untuk berkirim pesan, WhatsApp hanya perlu terhubung dengan koneksi internet. Karenanya aplikasi pesan instan ini terkenal murah dan lebih stabil dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Dengan WhatsApp Anda bisa berkirim pesan dengan cepat selama kuota internet Anda mencukupi dan terdapat sinyal internet.

Namun, baru-baru ini beredar pesan yang menerangkan bahwa WhatsApp bisa dipakai tanpa koneksi internet layaknya SMS biasa. Pesan tersebut menjelaskan bahwa pengguna hanya perlu mengunjungi situs “www.WhatsappNoData.com” untuk menikmati layanan WhatsApp yang gratis tanpa memakan kuota internet.

Jika Anda mendapatkan pesan serupa tersebut, sebaiknya jangan langsung percaya. Karena seperti yang dilansir laman Deccan Chronicle, Senin (27/7/2015), ternyata situs WhatsApp tanpa internet itu adalah situs palsu. Link situs tersebut akan menjebak pengguna WhatsApp dengan memberikan pesan spam.

Saat di-klik, link situs itu akan mengarahkan pengguna untuk mengisi nomor telepon di kolom yang ada di situs palsu tersebut. Selanjutnya pengguna akan diminta untuk meng-invite 12 kontak dan 3 grup yang ada di WhatsApp miliknya.

Jika Anda sudah telanjur mengajak kontak dan grup, maka nama kontak dan anggota grup yang ada di WhatsApp Anda akan mendapat pesan spam dari situs palsu tersebut. Hal ini tentu akan meluas jika ada yang ikut terjebak situs palsu WhatsApp tanpa koneksi internet.

Untuk itu, Anda para pengguna WhatsApp diharap untuk lebih berhati-hati jika mendapat pesan spam soal WhatsApp tanpa koneksi internet. Pasalnya kabar tersebut adalah kabar palsu dan hanya akan merugikan para pengguna WhatsApp itu sendiri.

Perlu Anda ingat! Aplikasi WhatsApp ini butuh koneksi internet untuk berkirim pesan. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, maka pastikan dulu jaringan internet dan kuota internet Anda masih mencukupi.

About the author /


Related Articles

Post your comments