Mau Ngadu ke Jokowi? Buka Situs Lapor Presiden

Lapor Presiden

CiriCara Tekno - Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan nama Jokowi nampaknya ingin terus menjalin komunikasi dengan masyarakat. Setelah meluncurkan Facebook dan Twitter resmi, kini Presiden Jokowi memperkenalkan laman pengaduan, Laporpresiden.org.

Melalui akun Twitter resminya, @Jokowi, presiden memberitahukan bahwa masyarakat bisa menyampaikan pengaduan melalui situs laporpresiden.org. Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa situs tersebut merupakan buatan anak bangsa.

“Ada masalah di sekitar saudara? Laporkan ke saya melalui laporpresiden.org. Kanal ini hasil kreativitas anak bangsa -Jkw,” kicau akun Twitter @Jokowi.

Tidak hanya di Twitter, Presiden Jokowi juga memperkenalkan laman laporpresiden.org melalui fanpage Facebook resmi miliknya. Ia menjelaskan bahwa nantinya pengaduan masyarakat yang masuk akan dirangkum dan dicarikan solusi untuk mengatasinya.

“Masukan langsung saudara-saudara bermanfaat untuk membuat keadaan menjadi lebih baik,” demikian potongan pernyataan di fanpage Facebook resmi Presiden Jokowi.

Untuk menulis pengaduan di laporpresiden.org, masyarakat bisa memakai akun Facebook. Setelah terhubung dengan akun Facebook, masyarakat bisa menulis pengaduan di menu “Berikan Laporan”, kemudian tulis permasalahan yang ingin diadukan, judul pengaduan, skala laporan, nama lengkap, dan nomor KTP.

Selain akan mendapat tanggapan dari Presiden Jokowi, pengaduan yang masuk ke laman laporpresiden.org juga bisa ditanggapi oleh pengunjung lainnya. Kita bisa “vote atas” untuk mendukung pengaduan atau “vote bawah” sebagai tanda tidak setuju dengan pengaduan yang telah ditulis oleh orang lain tersebut.

Tidak hanya fitur lapor dan vote, laman laporpresiden.org juga menyediakan fitur skor untuk pengguna yang telah memberikan laporan dan vote. Belum diketahui alasan adanya fitur skor tersebut di situs pengaduan laporpresiden.org.

Situs yang mulai aktif berbarengan dengan peluncuran akun Twitter dan Facebook baru Jokowi tersebut kini sudah menerima ratusan pengaduan dari masyarakat. Selama periode Mei-Juni 2015, ada 5 topik pengaduan yang paling sering diadukan atau terpopler, di antaranya:

– Kisruh Menpora-PSSI
– Hukuman Mati Koruptor
– Arogansi Wali Kota Tegal
– Konflik KPK-Polri
– Bubarkan Ormas Meresahkan Masyarakat

Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik untuk mengadu ke Presiden Jokowi?

About the author /


Related Articles

Post your comments