Nge-Tweet di Twitter Punya Hak Cipta

CiriCara Tekno – Apakah kamu sering menjiplak tweet seseorang lalu menulis ulang di akun Twitter kamu? Atau justru tweet kamu yang sering ditiru oleh orang lain dan diakui sebagai miliknya? Tenang, Twitter kini sudah siap untuk menindak tegas para peniru tweet.

Seperti yang diungkap akun Twitter bernama Plagiarism Is Bad, Twitter akan menindak semua tweet yang merupakan hasil tiruan berdasarkan laporan si pemilik “hak cipta.” Dimana orang yang pertama kali menuliskan tweet tersebut yang menjadi pemilik hak cipta atas tweet yang dipermasalahkan.

Twitter

Pengguna Twitter yang merasa tweet-nya telah ditiru bisa langsung melaporkannya ke staf Twitter melalui sebuah formulir yang ada di situs Twitter. Nantinya staf Twitter yang akan memutuskan laporan hak cipta tersebut sah atau tidak. Jika dinilai laporan tersebut sah dan valid, maka staf Twitter akan langsung menghilangkan tweet lain yang dianggap “tiruan”.

Olga Lexell adalah salah satu orang yang pernah menggunakan layanan laporan pelanggaran hak cipta tweet tersebut. Saat itu Lexell yang merupakan seorang penulis lepas merasa tidak terima karena tweet cadaan karyanya ditiru dan diklaim sebagai hasil karya orang lain.

Lexell pun langsung melaporkan pelanggaran hak cipta tersebut ke Twitter. Lexell menyatakan diri sebagai pemilik hak cipta atas tweet candaan tersebut, dan tak lama pihak Twitter pun langsung menghapus tweet tiruan tanpa menanyakan pertanyaan tambahan kepada Lexell.

Tidak hanya Twitter, sebenarnya media sosial lain juga menyediakan layanan pengaduan pelanggaran hak cipta. Namun biasanya konten yang bisa diperkarakan itu hanya berupa foto dan video. Laporan pelanggaran hak cipta sebuah tweet atau tulisan singkat mungkin jadi hal yang baru dan bahkan pertama kali di dunia.

Respon cepat Twitter atas tweet tiruan jadi kabar baik buat para pemilik akun Twitter yang tweet-nya sering ditiru orang lain tanpa menyertakan si pembuat tweet aslinya. Namun demikian, tidak ada sanksi tegas untuk akun Twitter yang meniru tweet, pihak Twitter hanya akan menghilangkan tweet hasil tiruan saja tanpa memblokir akun peniru tersebut.

About the author /


Related Articles

Post your comments