Review: Nokia N1, Tablet Android 7.9 Inci

Nokia N1

CiriCara Tekno – Tablet Android Nokia N1 kabarnya akan segera masuk ke pasar Indonesia. Kabar ini diperoleh dari sumber dalam perusahaan. Pasalnya saat ini pabrik Foxconn, yang memproduksi Nokia N1 tengah melalui proses sertifikasi di Indonesia.

Namun demikian, tanggal pasti Nokia N1 masuk ke Tanah Air masih belum diketahui. Baik pihak Nokia maupun Foxconn masih sama-sama bungkam soal kabar perluasan pasar Nokia N1 ke Indonesia tersebut. Demikian seperti yang dilansir, GSMArena.

Jika memang benar Nokia N1 masuk ke pasar Indonesia, spesifikasi seperti apa yang bakal diusungnya?

- Desain

Berdasarkan tablet Android Nokia N1 yang beredar di India, tablet ini memiliki layar seluas 7.9 inci berteknologi IPS LCD capacitive touchsreen dengan resolusi 1536 x 2048 piksel. Layar tablet Android pertama Nokia ini juga sudah dilapisi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Nokia N1 memiliki dimensi 200.7 mm x 138.6 mm dengan ketebalan hanya 6.9 mm. Bobot yang dimiliki tablet Android ini juga terbilang cukup ringan, yakni 318 gram. Kamera depan terletak di atas layar di tengah-tegah seperti webcam dan kamera utama di bagian belakang pojok kanan.

Nokia N1

Nokia N1

- Performa

Nokia N1 dibekali dengan chipset Intel Atom Z3580 berkecepatan 2.3 GHz dengan RAM 2GB. Tablet ini memiliki memori internal yang cukup besar yakni 32GB. Untuk sistem operasi, Nokia N1 menggunakan Android Lollipop 5.0.

Namun sayang, Nokia N1 ini tidak dilengkapi slot microSD jadi tidak bisa disematkan memori eksternal. Nokia N1 juga tidak memiliki slot kartu SIM. Untuk bisa terkoneksi ke internet, Nokia N1 bisa menggunakan fitur jaringan WiFi.

- Kamera

Kamera yang dibenamkan di tablet Android Nokia N1 adalah 8 megapiksel (MP) dengan flash LED, untuk kamera utama. Sementara untuk kamera depan sebesar 5 MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang jelas.

- Baterai

Nokia N1 ditopang baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 5300 mAh. Untuk mengisi daya, Nokia N1 menyediakan slot USB tipe C yang juga bisa berfungsi untuk transfer data ke komputer. Dengan ini Nokia N1 menjadi tablet pertama dengan transformasi USB tipe C.

Meskipu menggunakan sistem operasi Android, tampilan menu Nokia N1 berbeda dari perangkat Android lainnya. Hal ini karena Nokia N1 menggunakan launcher yang dibuatnya sendiri, yakni Z Launcher. Tidak hanya untuk N1, Nokia juga menyediakan Z Launcher versi beta di Google Play Store. Jadi pengguna Android yang ingin tampilan smartphone-nya berubah jadi seperti Nokia N1 bisa menginstall aplikasi tersebut secara gratis.

Soal bocoran harga, Nokia N1 ini dibanderol dengan harga Rp 3,3 jutaan.

About the author /


Related Articles

Post your comments