Tips Aman Beli Smartphone Online untuk Lebaran

Belanja Online

CiriCara Tekno – Tren belanja online belakangan ini mulai mengalami peningkatan. Ditambah lagi banyak promo online yang menawarkan harga lebih murah, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun ini. Apakah Anda juga akan belanja online?

Kebanyakan orang melakukan belanja online untuk membeli smartphone. Belanja online dipilih karena tidak ribet dan tidak harus jauh-jauh pergi ke toko atau pusat perbelanjaan barang elektronik. Cukup klik dan transfer, barang sudah bisa dikirim.

Namun demikian, belanja online tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang ada saja masalah di tengah proses transaksi, mulai dari barang lama sampai, rusak, hingga terjadinya penipuan. Tidak mau mengalami hal tersebut? Simak tips berikut:

1. Pilih Toko Online

Anda harus bisa memilih toko online yang sudah terpercaya. Paling tidak, toko online tersebut berani memberikan jaminan uang kembali dan memiliki alamat yang jelas. Banyak toko online palsu yang menebar promo melalui akun Facebook, Anda harus waspada.

2. Tanyakan Garansi

Karena barang yang akan dibeli adalah smartphone, sebaiknya tanyakan dulu soal garansi produk tersebut. Kalau tidak ada garansi dari toko online, minimal ada kartu garansi resmi dari produsen smartphone yang akan dibeli, misal BlackBerry, Apple, atau Samsung.

3. Prediksi Kedatangan Barang

Pengiriman barang yang sudah dibeli melalui online tidak bisa sampai hari itu juga, kecuali lokasi toko online-nya berdekatan dengan tempat tinggal Anda. Jika barang diprediksi lama datang, lebih baik beli secara langsung, apalagi jika Anda butuh smartphone itu mendesak untuk mudik.

4. Prosedur Pengembalian

Sebelum melakukan transaksi online, ada baiknya Anda tanyakan dulu prosedur pengembalian barang jika tidak sesuai pesanan atau barang rusak. Biasanya toko online resmi akan menjelaskan prosedur pengembalian barang dengan jelas. Jika barang tidak bisa ditukar atau dikembalikan, sebaiknya cari toko online lain.

5. Jangan Mudah Percaya

Apabila ada akun media sosial yang menawarkan smartphone murah, sebaiknya jangan mudah percaya. Apalagi jika mereka menolak menunjukkan kartu identitas dengan alasan barang BM (black market), ini rawan penipuan. Sekalipun ada yang berani mengirim foto KTP, itu bisa jadi KTP palsu. Lebih baik beli di toko online yang sudah terpercaya saja.

Semoga aktivitas belanja online Anda dapat berjalan lancar dan tidak ada masalah. Selamat Lebaran!!

About the author /


Related Articles

Post your comments