Tips Bermain Clash of Clans untuk Pemula

Clash of Clans

CiriCara Tekno – Clash of Clans masih menjadi game strategi terpopuler saat ini. Game yang juga biasa disebut dengan nama COC ini sudah menjamuri semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Kamu juga pemain COC?

Di game COC ini, pemain diharuskan membangun sebuah desa dan membuat pasukan untuk melindungi desa tersebut dari serangan musuh. Pemain juga harus pandai-pandai menyusun strategi dalam membuat pertahanan kalau-kalau desa diserang.

Bagi yang masih pemula tentu permainan COC cukup membingungkan. Meskipun pada saat pertama main pemain akan diberi tutorial, namun tetap saja hal itu belum cukup untuk mengetahui semua hal tentang game tersebut.

Untuk itu, berikut ada beberapa tips dasar bermain COC buat pemula:

1. Bangun semua building

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membangun desa agar menjadi lebih besar dan kuat. Bangun Town Hall, Elixir Collector, Elixir Storage, Gold Mine, Gold Collector, dan dinding pertahanan serta Defense seperti meriam, pemanah, dll.

Perlu kamu tahu, butuh waktu untuk membangun bangunan tersebut. Semakin tinggi levelnya, maka waktu yang dibutuhkan semakin lama. Tapi ingat! Jangan hamburkan “Gems” untuk mempercepat proses pembangunan.

2. Jangan dulu menyerang pemain lain

Saat pertama kamu main COC, kamu akan mendapat “Shield” gratis selama 3 hari. Shield ini berguna untuk melindungi desa dari serangan pemain lain saat kamu off-line. Jangan dulu menyerang desa pemain lain agar Shield tidak hilang. Tunggu sampai pertahanan dan bangunan di desa kamu benar-benar kuat. Jika ingin belajar menyerang desa lain, kamu bisa menyerang desa goblin yang ada di pilihan Attack. Menyerang desa goblin tidak akan menghilangkan Shield.

3. Hemat Gems

Gems adalah mata uang premium di COC. Gems bisa dipakai untuk mempercepat pembangunan. Tapi, sebaiknya kumpulkan saja Gems sebanyak-banyaknya. Hal ini berguna untuk dipakai di level yang lebih tinggi. Soal pembangunan, tunggu saja sampai selesai. Kamu bisa mengumpulkan Gems dengan cara menyelesaikan Achievements yang tersedia. Lakukan saja sesuai perintah yang ada di Achievements.

4. Naikkan level dan bangun Clan Castle

Segera naikkan level Town Hall untuk membuka bangunan lainnya. Dan jangan lupa juga untuk meningkatkan level Elixir serta Gold agar cepat terkumpul untuk membangun bangunan dan pertahanan lainnya.

Untuk mendapat pengalaman serta bantuan dari pemain online lainnya, kamu bisa bergabung ke sebuah Clan. Tapi, pertama kamu harus membangun Clan Castle terlebih dahulu. Dengan bergabung di Clan kamu bisa chat sesama anggota dan meminta bantuan untuk dikirimi prajurit atau Troop yang levelnya lebih tinggi. Kamu juga bisa mengikuti perang antar Clan di seluruh dunia.

5. Serang pemain lain

Kamu bisa pilih menu Attack dan search untuk menyerang desa dari pemain lain. Jika kamu berhasil menang, maka kamu akan mendapat trofi yang berpengaruh pada peringkat COC kamu, baik di peringkat Indonesia maupun dunia. Semakin tinggi level kamu, maka lawan yang ditemukan pun akan semakin sulit dikalahkan. Jangan ragu untuk minta bantuan troop dari Clan sebelum menyerang.

Proses membangun di COC memang butuh waktu yang lama hingga berjam-jam, kamu harus sabar menunggu. Bagi yang punya budget besar, bisa mengakalinya dengan membeli Gems dengan uang asli Rupiah melalui online, untuk mempercepat proses pembangunan.

About the author /


Related Articles

Post your comments