Tips Manfaatkan Aplikasi Google Jadi Asisten Mudik

Google

CiriCara Tekno – Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan hari. Seperti biasa sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia melakukan tradisi mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Apakah Anda juga akan mudik tahun ini?

Mudik lebaran bisa jadi hal yang menyenangkan tapi juga bisa menyebalkan. Apalagi jika terjebak macet atau bahkan nyasar ke jalur mudik yang salah. Belum lagi para pemudik juga jarang yang tahu rest area yang menyediakan fasilitas lengkap.

Tidak perlu khawatir, karena tahun ini Google Indonesia menyediakan sejumlah aplikasi yang dapat membantu perjalanan mudik Anda. Aplikasi-aplikasi Google ini bisa jadi asisten mudik yang akan sangat membantu.

Berikut tips memanfaatkan aplikasi Google sebagai asisten mudik Anda:

1. Perintah suara

Google App menyediakan fitur perintah suara yang bisa dipakai untuk mencari lokasi tempat berbuka terdekat atau rest area terdekat. Untuk smartphone Android, cukup dengan menekan tombol bersimbol “g” warna biru atau tekan tombol “mikrofon” yang ada di search menu smartphone.

Setelah itu ucapkan “OK Google,…” lanjutkan dengan kata kunci. Misal “OK Google, rest area terdekat”. Maka Google akan menampilkan daftarnya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengetiknya di kolom pencarian Google.

2. Google Maps

Baru pertama mudik dan belum tahu jalur mudik yang benar? Gunakan Google App Maps. Bukan hanya menyediakan peta, aplikasi ini juga menyediakan navigasi suara. Dimana Anda akan diberi petunjuk melalui suara, mulai dari belok kanan atau belok kiri.

Google Maps terbaru juga menyediakan informasi titik macet di 19 kota besar di Indonesia. Nantinya peta Google akan menampilkan jalan dengan 3 warna, hijau, kuning, dan merah. Dimana warna tersebut akan menjadi petunjuk jalan tersebut macet atau tidak.

3. Google Card

Tidak mau ketinggalan jadwal pesawat untuk mudik? Pakai Google Now Card. Aplikasi ini akan mengingatkan Anda tentang jadwal pesawat yang sudah Anda pesan tiketnya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan menyediakan informasi seputar hotel dan juga fasilitas yang ada di pesawat yang dipesan tersebut.

Tunggu apa lagi? Pakai aplikasi Google untuk perjalanan mudik yang nyaman.

About the author /


Related Articles

Post your comments