Trik Atasi Memori RAM Android Penuh

RAM Android

CiriCara Tekno – Bagi pengguna smartphone Android pasti pernah mendapati pemberitahuan di layar yang menyatakan bahwa RAM (Random Access Memory) hampir penuh atau mungkin sudah penuh. Hal ini bisa membuat kinerja Android jadi lemot dan bahkan bisa menutup program sendiri.

Masalah RAM penuh atau hampir penuh ini biasanya terjadi di smartphone Android dengan kapasitas RAM 512 MB. Apalagi RAM tersebut juga sudah terpakai secara otomatis hampir separuhnya untuk menjalankan program Android, seperti menu.

Smartphone Android kamu juga sering mengalami RAM penuh? Ikuti beberapa trik berikut untuk mengatasinya:

1. Tutup aplikasi

Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan akan menyebabkan kapasitas RAM jadi penuh. Untuk mengatasinya kamu harus menutup aplikasi yang sedang aktif di bagian latar belakang atau background. Caranya cukup dengan menekan tombol menu sebelah kanan, lalu bersihkan semua aplikasi yang muncul di layar dengan cara digeser ke kiri atau kanan.

2. Paksa berhenti

Cara berikutnya adalah dengan mematikan aplikasi secara paksa. Pilih menu “Settings”, lalu pilih menu “App”. Di sini kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang sudah terinstall beserta besarnya memori masing-masing aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak terpakai, kemudian tekan menu “Paksa berhenti” atau “Force Stop”. Dengan begitu aplikasi akan tertutup.

3. Hapus aplikasi

Jika dua cara di atas tetap tidak berpengaruh, kamu bisa melakukan langkah menghapus aplikasi. Caranya adalah pilih menu Settings dan pilih aplikasi yang ingin dihapus. Aplikasi yang menguras RAM biasanya aplikasi online dan juga game. Hapus yang kiranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

4. Format

Android kamu masih bermasalah? Kamu bisa pilih langkah terakhir yakni format. Namun perlu diingat, cara format ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone Android. Mulai dari aplikasi, notes, SMS, game, foto, dll. Jadi pastikan dulu kamu sudah punya back up semua data tersebut. Dengan cara format ini kapasitas RAM akan kembali ke awal.

Agar RAM tidak cepat penuh, kamu harus bisa memilih aplikasi dan game yang akan diinstall. Lebih baik jangan terlalu banyak install aplikasi atau game yang tidak penting.

About the author /


Related Articles

Post your comments