5 Hal yang Harus Anda Tahu dari Windows 10

Windows 10

CiriCara Tekno – Antusias pengguna perangkat berbasis Windows terkait perilisan Windows 10 nampaknya sangat tinggi. Terbukti, 24 jam pertama setelah diluncurkan, Windows 10 sudah diunduh sebanyak 14 juta kali. Strategi Microsoft untuk memperkenalkan Windows 10 secara gratis terbukti sangat ampuh.

Namun demikian, sebaiknya Anda jangan terburu-buru menginstal Windows 10 di perangkat komputer Anda. Pasalnya ada beberapa perubahan kebijakan dan juga fitur dari Microsoft yang kemungkinan bisa membuat Anda kesal. Apa saja? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

1. Sinkronisasi otomatis

Data yang ada di komputer Anda akan otomatis tersimpan ke server Microsoft saat memakai Windows 10 dengan akun Microsoft. Data yang dimaksud mencakup rekam jejak pencarian di browser, aplikasi, hingga password mobile hotspot dan WiFi. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menonaktifkan pengaturan sinkronisasi otomatis tersebut dengan menyetelnya terlebih dahulu.

2. Cortana atau mata-mata?

Windows 10 memiliki fitur baru, yakni Cortana. Fitur ini dapat membantu pengguna menata hidup yang lebih teratur layaknya seorang asisten pribadi. Namun, Cortana juga dinilai bisa membeberkan informasi pribadi pengguna layaknya “mata-mata”. Pasalnya Cortana ini bisa menganalisa data suara pengguna. Itu artinya semua informasi dari data suara pengguna juga akan terekam di Windows 10.

3. Pengiklan tahu karakter pengguna

Microsoft juga menyediakan fitur advertising yang akan memberikan informasi atau iklan yang sudah disesuaikan dengan karakter pengguna Windows 10. Namun sayangnya, fitur Advertising ID ini bakal dinilai mengganggu bagi pengguna yang tidak begitu suka dengan iklan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menonaktifkan setelan otomatis fitur tersebut.

4. Data tersimpan di OneDrive

Fitur ini tidak begitu buruk, namun hal ini perlu Anda tahu sebelum menggunakan Windows 10. Pasalnya setelah menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut, data enkripsi pengguna secara otomatis akan tersimpan ke akun OneDrive pengguna.

5. Microsoft bisa membocorkan data pengguna

Salah satu kebijakan privasi Microsoft menyebutkan bahwa perusahaan berhak membeberkan data pengguna Windows 10. “Kami akan mengakses dan mengungkapkan data pribadi pengguna, termasuk konten (seperti isi email, komunikasi pribadi, atau file pribadi), ketika kami yakin bahwa melakukan hal itu diperlukan untuk melindungi atau menegakkan keadilan bagi pelanggan kami dengan persyaratan yang diatur penggunaan layanan,” demikian kutipan dari pernyataan privasi Microsoft seperti yang dilansir Tekno Kompas.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mantap untuk menginstal Windows 10?

About the author /


Related Articles

Post your comments