6 Fitur Baru Android Marshmallow

Ist

CiriCara Tekno – Sistem operasi Android akhirnya hadir dalam versi terbaru, yakni versi “6.0” yang diberinama Android Marshmallow. Versi ini menggeser versi lama 5.0 atau yang dikenal dengan nama Android Lollipop. Lalu fitur baru apa yang ada di sistem operasi terbaru Android tersebut?

Jika melihat lompatan nomor versi dari 5.0 ke 6.0, nampaknya Android Marshmallow hadir dengan perubahan besar. Langsung saja simak beberapa fitur andalan dari Android Marshmallow berikut ini:

1. Modus Doze

Android Marshmallow disebut-sebut hadir dengan fitur modus Doze. Dimana modus ini diklaim mampu memperkecil konsumsi daya baterai pada ponsel Android, terutama ketika perangkat dalam kondisi stand by. Modus Doze ini diklaim memiliki sensor yang dapat mengira-ngira apakah smartphone dalam kondisi stand by atau aktif.

2. Mengisi daya lebih cepat

Android Marshmallow diklaim memiliki fitur pengisian daya 5 kali lebih cepat dibanding Android Lollipop. Hal ini karena perangkat Android Marshmallow akan menggunakan port USB tipe C yang dikenal memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding USB standar. Selain itu, dengan Android Marshmallow perangkat Android juga bisa dipakai untuk mengisi baterai perangkat lain.

3. System UI Tuner

Pengguna Android Marshmallow dapat mengaktifkan fitur System UI Tuner dengan cara menarik jendela notifikasi, lalu menekan dan menahan ikon gir atau Settings selama 5 detik. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambah atau menghapus item dari status baru dengan cara yang lebih praktis.

4. Android Pay

Android Marshmallow juga menyediakan fitur Android Pay yang bisa dimanfaatkan untuk membeli aplikasi di Play Store maupun barang-barang di toko retail hanya dengan menggunakan ponsel. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi repot-repot melakukan transfer ketika melakukan transaksi online.

5. Now On Tap

Android Marshmallow memiliki fitur yang disebut Now On Tap, dimana pengguna bisa mengakses Google Now hanya dengan menekan dan menahan tombol Home beberapa detik. Fitur ini mirip dengan fitur Siri yang ditawarkan oleh perangkat besutan Apple.

6. Sensor Sidik Jari

Semua perangkat yang akan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow disebut-sebut bakal dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari. Hal ini berguna untuk mengamankan ponsel Android dari tangan jahil dan juga mengamankan sistem pembayaran mobile Android Pay. Dengan sensor sidik jari tersebut, maka keamanan pengguna Android M lebih terjamin.

Untuk sementara baru fitur-fitur tersebut yang ramai diberitakan media. Untuk lebih lengkapnya, kita tunggu saja kehadiran Android Marshmallow di smartphone terbaru nanti.

About the author /


Related Articles

Post your comments