6 Fitur Facebook yang Jarang Diketahui Penggunanya

Ist

CiriCara Tekno – Siapa yang tidak tahu Facebook? Hampir semua orang tahu dan sudah punya akun media sosial terpopuler besutan Mark Zuckerberg ini. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa sudah banyak yang menggunakan Facebook.

Namun demikian, tidak semua fitur yang ada di Facebook diketahui oleh penggunanya. Karena banyak yang tidak tahu, akibatnya fitur-fitur tersebut pun hampir tidak pernah dipakai oleh para pengguna Facebook. Fitur apa saja itu?

1. Pelafalan nama

Kamu punya teman Facebook dari luar negeri, Jerman, Belanda, atau mungkin Amerika? Ya, sesekali kamu pasti bingung mengucapkan nama-nama mereka karena memang gaya bahasa yang berbeda. Untuk mengatasi hal itu, sebenarnya Facebook sudah menyediakan fitur pelafan nama atau “Name Pronounciation” yang bisa pengguna pakai.

Caranya, pergi ke bagian “about” di profil kamu, lalu klik “details about you”.

2. Password sekali pakai

Buat kamu yang sering lupa log-out dari Facebook di komputer kantor atau warnet, ada baiknya menggunakan fitur password sekali pakai (one-time password). Dimana fitur tersebut akan mengirimkan sebuah password yang hanya bisa dipakai untuk 20 menit dan selanjutnya tidak akan bisa dipakai lagi. Jadi saat kamu lupa log-out, akun Facebook kamu jadi tetap aman.

Caranya, kirim pesan singkat atau SMS ke 32665, lalu kamu akan mendapat pesan balasan berisi password sekali pakai. Tapi, pastikan nomor ponsel kamu sudah terdaftar di akun Facebook.

3. Sembunyikan status hubungan

Tidak semua orang suka status hubungannya diumbar ke publik. Tenang, Facebook juga menyediakan fitur untuk menyembunyikan status hubungan penggunanya. Caranya cukup pergi ke “About”, kemudian “Family and relationship” dan pilih “relationship”, klik ikon pensil atau sunting untuk mengubah “public” menjadi “only me” atau kamu juga bisa memilih orang tertentu saja yang bisa melihat status hubungan kamu di Facebook.

4. Berhenti langganan

Banyak pemberitahuan yang mengganggu? Kamu bisa menggunakan fitur berhenti langganan yang sudah Facebook sediakan. Caranya cukup dengan mengklik tanda “X” pada setiap pemberitahuan, maka pemberitahuan tersebut tidak akan muncul lagi. Bagi pengguna smartphone bisa langsung pergi ke posting awal dan klik stop langganan.

5. Edit foto

Facebook sebenarnya sudah menyediakan edit foto untuk setiap foto yang baru akan diunggah. Pengguna bisa menambahkan tulisan, aksesoris, dan lainnya. Namun sayang, fitur ini baru tersedia untuk perangkat iPhone. Caranya, klik ikon tongkat sihir (magic wand) saat foto sudah diunggah. Di sini pengguna akan menemukan pilihan teks, stiker, dan aksesoris lain.

6. Pemeriksaan keamanan

Kamu merasa akun Facebook kamu pernah dibuka oleh orang lain? Coba cek saja riwayat pemakaian akun Facebook kamu. Caranya klik Settings, lalu Security, lalu Where You’re Logged In. Jika di daftar riwayat tersebut ada aktivitas yang tidak kamu kenal, itu artinya benar akun Facebook kamu dipakai oleh orang lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa baca artikel ini.

Bagaimana? Apakah kamu sudah tahu semua fitur-fitur Facebook tersebut?

About the author /


Related Articles

Post your comments