Apa Pentingnya RAM Besar Pada Smartphone?

RAM Smartphone

CiriCara Tekno – Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone. Tidak hanya memperhatikan soal harga, kita juga harus melihat spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone tersebut. Salah satunya soal kapasitas RAM atau Random Access Memory.

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya-tanya, sebenarnya apa pentingnya kapasitas RAM yang besar pada smartphone? Kapasitas RAM sering dipandang sebelah mata oleh sebagian pengguna smartphone. Padahal RAM ini merupakan salah satu bagian yang penting.

Seperti yang dijelaskan oleh pengamat gadget, Lucky Sebastian dari komunitas Gadtorade, kapasitas RAM bisa berpengaruh pada kinerja smartphone. Dimana jika kapasitas RAM sudah penuh atau terpakai semua, maka kinerja smartphone akan terhambat.

RAM akan terpakai secara otomatis ketika aplikasi di smartphone dijalankan. Jika smartphone tersebut menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang sama, maka otomatis RAM yang terpakai akan semakin besar atau bahkan akan penuh.

“Ini bisa membuat kinerja ponsel terhambat apabila kapasitas RAM sampai terpakai semua,” kata Lucky, seperti dikutip dari KompasTekno, Selasa (18/8/2015) kemarin.

Untuk mengatasinya, pengguna tentu harus menutup semua aplikasi yang sudah tidak terpakai agar kapasitas RAM tetap lega. Karena jika aplikasi tidak ditutup maka RAM akan menjadi penuh dan bisa memicu terjadinya smartphone hang atau lag.

Smartphone dengan RAM besar bisa jadi pilihan. Hal ini karena kebanyakan pengguna sering mengakses media sosial melalui aplikasi smartphone. Dimana aplikasi media sosial ini akan terus berjalan di latar belakang, meski pengguna sudah menutupnya. Jika kapasitas RAM kecil, maka otomatis akan cepat penuh dan tentunya bakal berefek pada kinerja smartphone.

Bagaimana? Sudah tahu kan. Jika kamu tidak mau punya smartphone yang lag atau hang saat dipakai untuk menjalankan aplikasi atau main game, maka sebaiknya pilih smartphone yang memiliki RAM besar. Ada banyak pilihan smartphone yang menawarkan RAM besar.

Smartphone yang tersedia di pasaran saat ini menggunakan RAM berkapasitas mulai dari 512MB, 1GB, 2GB, 3GB, dan yang terbaru 4GB. Kapasitas RAM ini juga berpengaruh para harga smartphone tersebut.

About the author /


Related Articles

Post your comments