Asisten Digital Cortana Resmi Hadir di Android

Cortana

CiriCara Tekno – Aplikasi asisten digital besutan Microsoft, Cortana sudah resmi hadir untuk perangkat berbasis Android. Namun Cortana yang dirilis pada Selasa (25/8/2015) kemarin ini masih dalam versi beta. Pengguna Android sudah bisa mengunduh Cortana versi beta tersebut di Google Play Store.

Meskipun masih versi beta, Cortana untuk Android tersebut hampir sama dengan versi PC atau Windows Phone. Cortana di Android juga dilengkapi sejumlah fitur, mulai dari pencarian di internet, tracking informasi penting hingga jadi penunjuk arah jalan. Dengan fitur tersebut, Cortana disebut mampu menggantikan peran Google Now yang kurang populer.

Tidak hanya fitur tersebut, Cortana versi Android juga kabarnya telah dilengkapi fitur baru dimana Cortana akan muncul jika penggunanya menekan tombol home di perangkat Androidnya. Cortana akan benar-benar nampak seperti asisten digital di perangkat Android.

Seperti yang dilansir Ubergizmo, Microsoft dalam pernyataan resminya menyampaikan bahwa masih ada banyak hal yang harus diperbaiki pada Cortana versi Android. Namun, Microsoft berjanji akan terus meningkatkan kemampuan Cortana agar bisa dipakai secara maksimal di perangkat berbasis Android.

Kabar Cortana hadir untuk perangkat Android sempat menjadi rumor yang menghebohkan. Rumor tersebut semakin kuat terdengar ketika aplikasi Cortana untuk Android sempat bocor di internet. Dari situ diketahui bahwa Microsoft memang sudah beberapa kali merilis versi closed beta Cortana. Barulah kemarin, akhirnya Microsoft secara resmi merilis Cortana versi Android.

Aplikasi Cortana untuk Android bisa diunduh melalui Google Play Store. Namun demikian, saat ini Cortana versi Android baru tersedia untuk pengguna Android di Amerika Serikat saja. Belum diketahui kapan aplikasi Cortana versi Android mulai tersedia untuk global.

About the author /


Post your comments