Cara Agar Chrome tidak Makan RAM Banyak

Google Chrome 2

CiriCara Tekno – Google Chrome merupakan salah satu browser yang banyak dipakai para pengguna internet. Selain namanya yang terkenal, Chrome juga memiliki kelebihan mudah dan cepat saat digunakan. Namun demikian ternyata Chrome juga boros dalam hal pemakaian RAM di laptop atau komputer.

Tidak percaya? Coba deh kamu buka Task Manager dan lihat berapa RAM yang terpakai saat kamu mengoperasikan browser Chrome. Pasti RAM laptop atau komputer kamu akan terkuras oleh browser besutan Google ini. Apalagi jika kamu membuka tab Chrome dalam jumlah yang banyak, pasti kapasitas RAM laptop akan langsung menipis.

Task Manager

Klik untuk memperbesar

Bagi yang menggunakan RAM 8GB mungkin penggunaan Chrome tidak akan begitu berpengaruh terhadap performa laptop. Namun bagi yang menggunakan RAM 2GB, tentu hal ini akan mengganggu proses komputasi. Apalagi RAM yang menipis juga bisa memperlambat kinerja laptop itu sendiri.

Mau tahu cara agar Chrome tidak makan banyak RAM? Yuk simak caranya berikut ini:

1. Klik Kanan pada shortcut Google Chrome kemudian pilih Properties.

Google Chrome

2. Tambahkan tulisan –process-per-site pada kolom bagian Target, sebelumnya tekan tombol spasi dulu. Lihat seperti gambar berikut yang diberi warna kuning:

Google Chrome 1

3. Jangan lupa untuk klik Apply setelah melakukan perubahan tersebut.

4. Tutup Chrome yang sedang terbuka, lalu kemudian buka kembali. Lihat penggunaan RAM oleh Chrome dengan membuka Task Manager. Perhatikan, penggunaan RAM oleh Chrome di laptop kamu jadi lebih kecil bukan?

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

Dengan cara ini, maka Google Chrome kamu tidak lagi memakan habis RAM di laptop atau komputer kamu. Jadi performa laptop kamu pun akan menjadi lebih lancar dan terasa lebih ringan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the author /


Related Articles

Post your comments