Cara Buat Hologram 3D dengan Smartphone

Hologram Pakai HP

CiriCara Tekno – Mungkin selama ini kamu mengira bahwa hologram itu hanya ada di film dan hanya bisa dibuat dengan teknologi super canggih. Padahal, kamu juga bisa lho membuat efek hologram 3D hanya dengan menggunakan smartphone. Mau tahu cara membuatnya?

Untuk bisa membuat hologram 3D ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, di antaranya kertas bergaris, pensil/pulpen, penggaris, case CD/DVD (warna bening), cutter, selotip bening, dan tentunya smartphone/tablet. Setelah semua bahan sudah terkumpul, ikuti cara berikut ini:

1. Buat pola

Buat Pola

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat pola di kertas bergaris. Kertas bergaris ini berguna agar pola yang kamu buat tidak berantakan dan seimbang setiap sisinya.

2. Bentuk dan ukuran pola

Ukuran Pola

Buat ukuran pola sesuai dengan ukuran layar smartphone kamu. Jika kamu memakai tablet, tentu ukuran pola-nya bisa lebih besar dari ukuran smartphone. Jika sudah jadi, gunting pola tersebut. Gambar contoh menggunakan ukuran alas 1 cm, sisi 3.5 cm, dan atap 6 cm.

3. Gambar pola di case CD tidak terpakai

Potongan Case CD

Agar tidak salah, tempelkan pola kertas yang sudah digunting, lalu gambar ulang di case CD/DVD. Gambar empat pola sekaligus agar lebih mudah saat dipotong.

4. Potong rapi

Potong Case

Potong case CD sesuai dengan pola yang sudah digambar menggunakan cutter. Hati-hati saat memotong case CD agar tidak pecah dan juga tidak melukai tangan kamu. Buat potongan serapi mungkin.

5. Rekatkan potongan case CD

Rekatkan case

Setelah semua siap, rekatkan empat potong case CD tersebut dengan menggunakan lem atau selotip bening di setiap sisinya.

6. Taruh di atas layar smartphone/tablet

Hologram 3D

Setelah semua potongan case CD disatukan, letakkan media hologram 3D tersebut di atas smartphone/tablet kamu. Tapi sebelumnya nyalakan dulu smartphone kamu dan pilih gambar bergerak atau video yang ingin ditampilkan jadi hologram.

Bagaimana, mudah bukan? Buat yang masih bingung bisa lihat video tutorialnya di sini.

About the author /


Related Articles

Post your comments