Cara Mendapatkan Windows 10 Preview untuk Smartphone

Windows 10 Mobile

CiriCara Tekno – Microsoft baru-baru ini telah meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diberinama Windows 10 untuk perangkat komputer. Selain jadi yang terbaru, OS ini juga diklaim akan jadi OS terakhir dari Microsoft. Lalu bagaimana dengan nasib para pengguna smartphone Windows Phone?

Tidak hanya untuk perangkat komputer, Microsoft juga kabarnya tengah mempersiapkan sistem operasi Windows 10 untuk perangkat smartphone. Namun kabar ini masih belum mendapat konfirmasi dari pihak Microsoft kapan pastinya Windows 10 untuk smartphone Windows Phone akan diluncurkan.

Sudah tidak sabar menanti Windows 10 untuk smartphone? Kamu bisa mencoba Windows 10 Mobile versi “Preview” melalui Windows Insider. Berikut caranya seperti yang dilansari dari Tech Radar dan dikutip dari Merdeka:

1. Syarat

Syarat atau ketentuan pertama untuk bisa mendapatkan Windows 10 Mobile adalah kamu harus sudah punya akun Microsoft. Jika belum, kamu bisa mendaftar lewat Windows Phone atau bisa juga lewat website di https://signup.live.com/signup.aspx?lic=1

Syarat berikutnya, Windows Phone yang kamu punya minimal mempunyai kapasitas penyimpanan 8GB. Sistem operasi yang dipakai saat ini harus sudah Windows 8.1. Jika ketiga syarat ini terpenuhi, itu artinya Windows Phone kamu sudah siap untuk mencoba Windows 10 Mobile.

2. Back up

Sebelum mencoba upgrade ke Windows 10 Mobile, ada baiknya kamu back up dulu semua data penting yang ada di Windows Phone kamu. Tujuannya agar tidak ada data yang hilang atau terhapus. Caranya pilih menu “Setting” kemudian pilih “Back Up” dan pilih data mana saja yang ingin kamu back up, mulai dari applikasi, gambar, video, dan pesan teks. Pilih “ON” agar back up aktif.

3. Windows Insider

Instal aplikasi Windows Insider yang bisa kamu dapat dari Store App di smartphone kamu. Setelah terinstal, buka aplikasi Windows Insider dan pilih menu “Get preview builds”. Akan muncul pilihan Insider Fast dan Insider Slow. Jika kamu pilih Insider Fast, maka kamu akan mendapatkan Windows 10 Preview lebih cepat dan bagus, namun tetap terdapat beberapa bug. Jika kamu pilih Insider Slow, maka Windows 10 yang didapat akan lebih lambat.

4. Instal Windows 10

Sekarang saatnya download dan instal Windows 10 Preview ke perangkat Windows Phone kamu. Smartphone akan “reboot” dan memulai instalasi penuh hingga selesai. Kamu harus bersabar karena proses instal ini memakan waktu yang cukup lama. Agar smartphone tidak kehabisan baterai saat instal, jangan lupa untuk menghubungkannya ke charger.

5. Selamat datang di Windows 10 Mobile

Jika proses instal sudah selesai, maka smartphone akan langsung menuju ke tampilan Windows 10 dan kamu sudah bisa mencobanya langsung. Namun karena masih bersifat preview maka Windows 10 Mobile ini masih memiliki sejumlah bug dan masalah.

Lalu bagaimana jika kamu ingin kembali memakai Windows 8.1? Kamu bisa langsung kembali ke Windows 8.1 dengan memilih menu “Setting” dan melakukan reset. Atau kamu juga bisa download Phone Recovery Tool Windows dari website resmi Microsoft lewat PC dengan OS Windows. Cukup dengan hubungkan smartphone ke PC Windows, maka akan otomatis menawarkan “Install software”.

Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments