Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Keyboard

CiriCara Tekno – Keyboard merupakan salah satu bagian penting dari perangkat notebook atau laptop. Tanpa adanya keyboard, kita tidak akan bisa melakukan aktivitas komputasi dengan sempurna. Karenanya sangat penting untuk kita menjaga agar kinerja keyboard di laptop kita tetap baik dan awet.

Masalah yang sering muncul adalah beberapa tombol di keyboard mendadak jadi keras. Hal ini membuat kita jadi sering mengalami salah ketik. Apakah kamu juga merasa kalau keyboard di laptop kamu mulai tidak responsif?

Berikut ada beberapa cara untuk memperbaiki keyboard di laptop kamu:

1. Bersihkan keyboard

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard yang bermasalah adalah dengan cara membersihkan keyboard dari kotoran-kotoran kecil. Jangan anggap remeh, karena kotoran kecil ini juga bisa menyumbat bagian bawah keyboard sehingga keyboard akan terasa keras ketika ditekan. Kamu bisa miringkan laptop 75 derajat, lalu tiup sela-sela keyboard agar kotoran yang ada di sekitar sela keyboard tersebut hilang.

2. Restart laptop

Tombol di keyboard laptop kamu mendadak tidak ada yang berfungsi? Padahal mouse masih bisa kamu gerakan. Kemungkinan besar permasalahan ini terletak pada perangkat lunak atau keyboard driver kamu. Untuk mengatasinya kamu bisa me-restart atau mematikan laptop lalu menyalakannya kembali. Jika mouse tidak bisa berfungsi kamu bisa langsung menekan tombol power selama 5 detik hingga laptop mati. Seperti yang dilansir laman Ubergizmo, mematikan laptop bisa jadi memperbaiki masalah pada software.

3. Restore sistem

Keyboard laptop mendadak tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh pengaturan laptop yang salah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba me-restore pengaturan laptop agar kembali ke pengaturan awal. Caranya, klik tombol Start>Control Panel lalu pilih “Back up your computer” yang berada di bawah heading “System and Security”. Kemudian klik “Recover system settings or your computer”, lalu klik “Open System Restore”. Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya sampai selesai.

4. Cek keyboard driver

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek keyboard driver dalam kondisi baik atau tidak. Caranya, klik Start>Control Panel>System and Security lalu klik Device Manager yang berada di bawah heading System. Di Device Manager ini kamu akan mendapati drivers dari semua perangkat keras di laptop kamu.

Pilih “Keyboard” dan kamu akan menemukan keyboard driver. Jika kamu melihat tanda segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver kamu bermasalah. Untuk mengatasinya kamu tinggal mengunjungi situs web produsen laptop kamu untuk mencari driver terbaru yang kamu butuhkan melalui online.

Selamat mencoba.

About the author /


Post your comments