Ilmuan Jepang Kembangkan Komputer Penganalisis Kanker

Superkomputer Watson

CiriCara Tekno – Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju. Tidak hanya untuk dunia industri dan telekomunikasi saja, kini pemanfaatan teknologi pun sudah mulai diterapkan dalam dunia kesehatan. Salah satunya yang terbaru adalah komputer untuk membantu sembuhkan kanker.

Para ilmuan dari University of Tokyo yang bekerjasama dengan International Business Machines (IBM) Jepang kabarnya tengah mengembangkan sebuah komputer baru untuk menangani para pasien penderita kanker. Dengan komputer tersebut, para penderita kanker diharapkan bisa mendapatkan penanganan secara tepat.

Komputer baru yang diberinama Watson tersebut sudah menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Dimana dengan AI ini, komputer Watson akan mampu menganalisa penyakit kanker dan penanganan seperti apa yang paling tepat untuk dilakukan terhadap si penderita kanker tersebut.

AI itu sendiri adalah sebuah sistem yang ditanam di komputer agar komputer tersebut dapat bekerja secara otomatis. AI sudah diterapkan di dalam dunia teknologi untuk membantu proses produksi dan juga lainnya. Jika berhasil, Watson bisa menjadi komputer pertama yang menerapkan AI dalam dunia kesehatan.

Untuk memaksimalkan kinerja Watson, para ilmuan University of Tokyo akan mengumpulkan data-data dari pasien kanker di sejumlah rumah sakit Jepang. Nantinya data tersebut akan menjadi sampel bagi Watson dalam menganalisa penanganan penyakit kanker yang tepat sesuai dengan jenis penyakit kanker.

Sementara itu, para peneliti dari IBM Jepang bertugas untuk mengumpulkan informasi obat-obatan dan riset terkini soal penyakit kanker. Dengan perpaduan dua data tersebut, komputer Watson diklaim akan mampu memberikan penanganan yang cepat dan tepat terhadap penderita penyakit kanker.

Berdasarkan informasi yang dilansir Asianikkei.com, selain punya sampel data seputar penyakit kanker, Watson juga dapat menganalisis cara kerja darah dan sel genetik penderita kanker. Para peneliti mengklaim Watson hanya butuh waktu 10-20 menit untuk menyelesaikan hasil analisisnya terhadap penderita kanker.

Semakin cepat proses analisisnya, maka semakin besar peluang untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dan itu artinya peluang sembuh para penderita kanker akan semakin besar.

About the author /


Post your comments