Samsung PM1633a, Hard Disk Berkapasitas Terbesar di Dunia

ssd pm1633a

CiriCara Tekno – Samsung kembali membuat gebrakan baru dalam dunia teknologi. Setelah berencana membuat “truk tembus pandang”, kini Samsung meluncurkan media penyimpanan (hard disk/hard drive) berkapasitas 16 Terabytes (TB). Hard Drive yang diberinama PM1633a ini pun menjadi hard drive berkapasitas terbesar di dunia saat ini.

PM1633a berbentuk Solid-State Drive (SSD) yang berisi memori flash NAND (Negative-AND) berkapasitas 16TB. Hard drive besutan Samsung yang memiliki ukuran 2,5 inci ini berhasil menggeser posisi hard drive berkapasitas 10TB yang dibuat oleh perusahaan Seagate dan Western Digital.

Seperti yang dilansir Slashgear.com, Samsung membuat hard drive SSD berkapasitas 16TB itu dengan cara memasukan memori flash NAND 256Gbit berukuran 32GB. Itu artinya terdapat sekitar 500 buah memori flash NAND 256Gbit berukuran 32GB di dalam satu hard drive Samsung PM1633a tersebut.

Tidak hanya meluncurkan hard drive SSD berkapasitas jumbo, Samsung juga meluncurkan sebuah server yang memiliki 48 buah penyimpanan SSD yang totalnya mencapai 768TB.

Penggunaan SSD sebagai media penyimpanan diperkirakan bakal menggeser kepopuleran hard drive yang ada saat ini. Pasalnya SSD ini memiliki kinerja yang lebih cepat yakni hingga 2 juta IOPS (Input/Output Operations Per Second). Namun demikian, faktor harga bisa menjadi penghambat kepopuleran SSD.

Meski Samsung belum secara resmi merilis harga dari media penyimpanan SSD PM1633a yang berkapasitas 16TB besutannya itu, namun banyak yang memperkirakan harganya bisa mencapai Rp 70 juta lebih. Pasalnya untuk SSD yang berkapasitas 2TB saja, Samsung membenderolnya dengan harga Rp 11 juta sampai Rp 14 juta.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki SSD berkapasitas terbesar di dunia tersebut?

About the author /


Related Articles

Post your comments