Tips Aman Berselancar di Dunia Maya

Dunia Maya

CiriCara Tekno – Berselancar di dunia maya memang menyenangkan. Namun Anda juga harus berhati-hati karena banyak virus yang mengancam gadget Anda. Tidak hanya itu, ancaman lain juga datang dari aksi peretasan oleh hacker yang tentunya bisa merugikan Anda sebagai penikmat dunia maya.

Saat berselancar di dunia maya tentu Anda sering mendapati pengaturan keamanan pribadi. Dimana foto, video, atau pun status yang dibuat pengguna diklaim tidak akan terlihat oleh orang lain. Padahal hal ini tidak selamanya aman. Hacker masih bisa menjebol akun pengguna untuk menyebarkan konten tersebut ke publik.

Namun demikian Anda tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips aman berselancar di dunia maya:

1. Berhati-hati dalam memilih konten

Anda harus bisa membedakan mana konten yang patut untuk diunggah ke dunia maya dan mana yang sebaiknya tidak diunggah. Selain bahaya konten bisa tersebar ke publik, Anda juga bisa dipidanakan karena mengunggah konten yang menyinggung orang lain atau melanggar hukum. Jika konten bersifat pribadi, lebih baik disimpan di tempat yang aman jangan mengunggahnya ke internet.

2. Selalu Log-out atau Sign-out

Setiap kali membuka email, media sosial, dan akun lainnya, biasakan untuk selalu log-out atau keluar setelah tidak dipakai. Apalagi jika Anda mengaksesnya dari perangkat yang dipakai banyak orang, seperti komputer di warnet atau meminjam gadget orang lain. Hal ini mencegah akun Anda dipakai orang lain gara-gara lupa log-out.

3. Akses situs yang baik

Sembarangan mengakses situs bisa menyebabkan gadget kamu terkena virus. Hindari situs-situs berbau porno grafi karena di situ banyak sekali virus yang tersembunyi. Untuk mencegah hal ini Anda bisa memasang antivirus. Selain bisa merusak gadget, virus juga bisa mencuri data pribadi Anda dari gadget.

4. Tingkatkan ketelitian

Hal ini perlu diperhatikan dalam melakukan transaksi di dunia maya. Jangan asal percaya hanya karena barang yang ditawarkan murah. Teliti dulu identitas si penjual dan juga selalu usahakan untuk COD agar tidak tertipu.

Demikian beberapa tips aman berselancar di dunia maya. Meskipun terlihat sederhana, sebenarnya ada banyak aturan yang harus Anda patuhi saat berselancar di dunia maya. Semoga bermanfaat.

About the author /


Post your comments