Tips Amankan Facebook dari Hacker

Facebook Hack

CiriCara Tekno – Akun pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook sering menjadi sasaran aksi peretasan. Karenanya para pemilik akun Facebook harus lebih berhati-hati. Karena jika akun Facebook Anda sudah diretas, maka akun tersebut akan dikuasai sepenuhnya oleh si peretas atau hacker.

Pihak Facebook sendiri sudah melakukan pengamanan untuk akun pengguna. Namun tetap saja aksi peretasan tersebut masih terus terjadi. Apalagi saat ini beredar software yang bisa dipakai untuk meretas akun pengguna Facebook. Tidak mau jadi korban peretasan di Facebook? Ikuti tips berikut ini:

1. Hindari login diperangkat umum

Facebook memang bisa diakses banyak perangkat. Namun, hindari login di perangkat yang bersifat umum seperti komputer warnet, komputer sekolah, atau smartphone orang lain/teman. Jika terpaksa, Anda harus selalu logout dari Facebook setelah tidak dipakai. Aksi peretasan juga bisa terjadi karena Anda lupa logout dari perangkat tersebut.

2. Aktifkan login alerts

Coba Anda buka menu Settings akun Facebook lalu aktifkan login alerts. Dengan mengaktifkan login alerts, Anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali akun Facebook dibuka di perangkat tidak dikenal. Jadi, Anda akan tahu jika ada orang yang mencoba membuka akun Facebook Anda di perangkat lain.

3. Sembunyikan email

Aksi peretasan akun Facebook bisa dilakukan melalui email. Jadi, ada baiknya jika Anda menyembunyikan kontak email yang terpampang di profil Anda. Buka menu Settings lalu ubah privasi kontak email menjadi “hanya saya” atau “Only Me”. Agar lebih aman lagi, aktifkan juga nomor telepon. Jadi saat email Anda berhasil dijebol, Anda masih bisa mengambil alih akun Facebook melalui nomor telepon.

4. Password yang kuat

Hindari menggunakan password yang gampang ditebak seperti, tanggal lahir, nama pacar, nama kota asal, dan juga yang lainnya. Pilih password dengan kombinasi angka, simbol, dan juga huruf agar sulit untuk dijebol oleh orang lain.

5. Pasang antivirus

Beberapa virus ada yang dibuat untuk meretas akun Facebook. Untuk itu ada baiknya jika Anda menginstal antivirus di perangkat yang Anda pakai. Atau Anda juga bisa mencegah serangan virus dengan tidak mengunjungi situs-situs tidak jelas seperti situs porno.

Demikian beberapa tips untuk mengamankan akun Facebook dari aksi peretasan. Semoga bermanfaat.

About the author /


Related Articles

Post your comments