16 Karakter Ini Bisa Buat Browser Chrome “Mati”

Chrome

CiriCara Tekno - Browser Chrome 45 versi desktop diketahui memiliki sebuah bug. Hanya dengan memasukan 16 karakter tertentu, Chrome mendadak berhenti atau crash. Hal ini dilaporkan oleh seorang bloger bernama Andris Atteka melalui blog pribadinya.

Seperti yang dilansir Venture Beat, Selasa (22/9/2015), Atteka menjelaskan bahwa Chrome bisa dibuat berhenti mendadak hanya dengan memasukkan beberapa karakter null. Awalnya, Atteka menemukan 26 karakter null yang bisa “membunuh” Chrome. Namun setelah disederhanakan, ternyata ada 16 karakter null yang bisa membuat Chrome jadi crash.

Menurut Atteka, bug pada Google Chrome tersebut bisa dilihat jika pengguna menuliskan 16 karakter null di bagian URL dan kemudian menekan tombol enter. Bahkan Atteka juga mengatakan bahwa dalam beberapa kasus, tanpa menekan tombol enter pun Chrome sudah bisa dibuat berhenti mendadak oleh 16 karakter null itu.

Di kasus lainnya, Chrome juga bisa berhenti mendadak saat pengguna mengarahkan kursor mouse-nya ke hyperlink tautan setelah menuliskan 16 karakter null. Setelah crash, Google Chrome pun sudah tidak bisa diapa-apakan lagi.

16 karakter null tersebut adalah: http://a/%%30%30. Cukup dengan menuliskan ke-16 karakter null tersebut pada kolom URL, maka Google Crome yang terinstal pada komputer atau laptop Anda akan crash atau berhenti mendadak.

Menurut Atteka, bug Chrome tersebut muncul karena masalah pada DCHECK di bagian kode history URL. Tapi tidak perlu khawatir, karena bug tersebut bukanlah bug security sehingga tidak akan bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menyebarkan virus ke komputer pengguna Chrome.

Namun demikian, sebaiknya Anda tidak mencoba memasukkan 16 karakter null “berbahaya” itu ke Google Chrome di komputer Anda. Hal ini karena dalam beberapa kasus, karakter null tersebut juga bisa merusak semua tab yang ada. Jika ingin mencoba, sebaiknya pastikan dulu Anda mengetahui cara untuk memperbaiki Chrome jadi seperti semula.

Sementara itu, untuk browser Chrome versi mobile atau Android diketahui tidak terpengaruh oleh karakter null tersebut. Google Chrome versi Android tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah meski pengguna mencoba memasukkan ke-16 karakter null tersebut.

Belum diketahui, apakah pihak Google sudah memperbaiki bug tersebut. Meski sudah beredar di sejumlah media, Google memang belum memberikan tanggapan resminya terkait bug pada browser besutannya itu.

About the author /


Related Articles

Post your comments