2017, Ponsel Ilegal Bakal tidak Bisa Dipakai di Indonesia

Ponsel

CiriCara Tekno – Keberadaan ponsel ilegal yang banyak beredar di Indonesia mulai jadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kabarnya pihak Kominfo pun tengah menyusun sebuah aturan yang dinilai bisa menekan angka ponsel ilegal di Tanah Air.

Aturan yang dimaksud adalah mewajibkan registrasi nomor international mobile station equipment identity (IMEI) ponsel yang masuk ke Indonesia. Nantinya, ponsel ilegal yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di Kominfo tidak akan bisa dipakai di Indonesia. Aturan ini rencananya akan mulai diberlakukan pada tahun 2017 mendatang.

“Siap-siap aturan ini akan diberlakukan pada 2017,” ujar Bambang Suseno, Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika (PPI) Kominfo di Hotel Raffles, Ciputra World, Rabu (9/9/2015) seperti dikutip dari Viva News.

Bambang mengklaim, setelah aturan registrasi tersebut ditetapkan maka tidak akan ada lagi ponsel ilegal yang beredar di Indonesia, termasuk pasar ponsel black market (Ponsel BM). Menurutnya, ini adalah cara yang tepat untuk menekan jumlah ponsel ilegal yang marak beredar di Indonesia.

Selain itu, kata Bambang, aturan registrasi IMEI ponsel tersebut juga bisa menekan beredarnya perdagangan ponsel curian. Hal ini karena pengguna perangkat yang hilang atau dicuri bisa memblokir ponselnya setelah membuat laporan kehilangan. Setelah dilakukan pemblokiran, maka ponsel tersebut tidak akan bisa digunakan lagi.

“Jadi kalau ada ponsel hilang, tinggal lapor. Nanti ponsel (yang) hilang maka akan dideteksi IMEI-nya dan diblokir,” jelas Bambang.

Tidak hanya ponsel ilegal dan ponsel curian, menurut Bambang, ponsel yang dibeli dari luar negeri dan nomor IMEI-nya tidak terdaftar juga tidak akan bisa dipakai di Indonesia. Dengan aturan baru ini Bambang juga menjamin tidak akan ada lagi nomor IMEI ganda.

Aturan registrasi IMEI ponsel tersebut diharapkan bisa mendorong industri ponsel dan perangkat mobile di dalam negeri menjadi lebih berkembang. Hal ini mengingat peminat smartphone di Tanah Air terbilang sangat tinggi dan cukup menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan.

Namun demikian, aturan registrasi IMEI tersebut masih menjadi pembahasan Kominfo. Tidak sedikit pula pihak yang meragukan aturan tersebut.

About the author /


Post your comments