5 Aplikasi Untuk Mengunci Foto dan Video di Android

CiriCara Tekno – Smartphone Android menyediakan menu default bernama Gallery untuk tempat menyimpan foto dan juga video. Namun sayangnya menu ini belum dilengkapi fitur privasi. Dimana semua foto dan video yang tersimpan di Gallery bisa dilihat oleh siapa saja. Padahal, terkadang ada juga foto atau video pribadi yang tidak ingin kita perlihatkan ke orang lain.

Kekurangan tersebut sering menimbulkan rasa khawatir saat ada orang lain atau teman yang ingin meminjam smartphone Android. Kamu akan merasa tidak enak jika menolak meminjamkan smartphone, tapi di sisi lain kamu juga merasa khawatir teman kamu itu melihat foto pribadi kamu yang tidak ingin kamu umbar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut mungkin beberapa aplikasi pilihan berikut ini bisa membantu:

1. Gallery Lock (Indonesia)

Gallery Lock

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengunci foto dan video sesuai dengan yang dipilih. Pengguna bisa memilih foto dan video mana saja yang ingin disembunyikan atau dikunci dari Gallery default di Android. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga memiliki fitur modus siluman (sebuah fungsi untuk menyembunyikan ikon).

2. AppLock

AppLock

Berbeda dari aplikasi sebelumnya, AppLock ini akan mengunci Gallery secara keseluruhan, bukan per file foto atau video. Itu artinya menu Gallery di smartphone Android kamu hanya bisa dibuka oleh kamu sendiri, tentunya dengan password atau PIN yang sudah kamu atur. Selain Gallery, AppLock ini juga bisa mengunci aplikasi lain, mulai dari game, email, bbm, dan lainnya.

3. Safe Gallery Free

Safe Gallery Free

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci foto dan video yang ingin kamu kunci. Jadi, kamu bisa memilih file foto tertentu yang ingin dikunci tanpa harus mengunci keseluruhan menu Gallery default Android. Kamu hanya perlu menyortir foto mana saja yang ingin kamu kunci, lalu pilih atau centang, maka foto tersebut akan terkunci dan hanya bisa dibuka dengan password.

4. Apps Lock & Gallery Hider

Apps Lock Gallery Hider

Aplikasi ini berfungsi untuk mengunci aplikasi, termasuk Gallery. Dengan ini kamu bisa menyembunyikan foto dan video. Selain itu, kamu juga bisa mengamankan sejumlah aplikasi lainnya, baik itu game maupun pesan pribadi. Aplikasi ini dibekali dengan dua tipe password, yakni PIN dan juga Pattern.

5. Secure Gallery (Pic/Video Lock)

Secure Gallery

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci foto dan video sesuai dengan keinginan. File foto akan nampak terlihat di menu Gallery namun dalam mode terkunci. Untuk membukanya kamu bisa menggunakan kode PIN maupun Pattern.

Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments