5 Informasi yang Sebaiknya tidak Ditulis di Facebook

CiriCara Tekno – Facebook memberikan kebebasan bagi penggunanya yang ingin menuliskan informasi detail tentang dirinya sendiri. Namun demikian, pengguna Facebook juga diminta untuk tetap waspada dalam bermedia sosial. Apalagi saat ini banyak sekali terjadi aksi penipuan melalui situs jejaring sosial tersebut.

Berikut 5 informasi yang sebaiknya tidak Anda tulis di akun Facebook Anda:

1. Nomor telepon

Menuliskan nomor telepon di Facebook sama saja dengan Anda menyebarkan nomor telepon ke publik. Apalagi jika teman di Facebook tersebut tidak semuanya Anda kenal. Hal ini tentu berisiko memicu terjadinya aksi penipuan melalui telepon. Nomor telepon Anda pun akan rawan dikirimi pesan spam yang tentunya sangat mengganggu.

2. Alamat rumah

Menuliskan alamat rumah di Facebook bisa mendatangkan kekacauan bagi Anda. Hal ini berpotensi Anda dikirimi pesan teror oleh orang yang tidak suka dengan Anda di Facebook. Para penguntit pun akan dengan mudah melacak keberadaan Anda jika informasi alamat rumah itu ditulis di Facebook.

3. Pekerjaan

Menuliskan informasi pekerjaan di Facebook mungkin bisa membuat Anda merasa bangga. Tapi, hal ini juga bisa berbahaya untuk keamanan perusahaan maupun karir Anda. Pasalnya saat ini marak aksi peretasan yang dilakukan melalui media sosial untuk mendapatkan informasi suatu perusahaan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda lebih berhati-hati.

4. Status hubungan

Mengumbar status hubungan di Facebook bisa membuat Anda jadi target penipu cinta. Orang yang gencar mengumbar status tentang masalah percintaan atau pencarian jodoh biasanya jadi target empuk penipu. Setelah korban terpedaya, penipu biasanya akan meminta sejumlah uang atas dasar cinta dan bahkan terjadinya aksi pemerasan.

5. Informasi keuangan

Jangan pernah menuliskan kode PIN atau password akun bank Anda di media sosial seperti Facebook. Karena beberapa peretas juga ada yang memanfaatkan nama besar Facebook sebagai cara untuk menjebol akun bank korbannya. Buat Anda yang suka pamer di Facebook juga sebaiknya dihentikan. Karena hal ini bisa memicu terjadinya aksi pencurian atau perampokan.

Media sosial seperti Facebook memang sangat bermanfaat. Namun, Anda tetap harus waspada dan pandai-pandai dalam menggunakannya. Jangan sampai karena terlalu asyik bermain Facebook, Anda sampai tidak sadar tengah diintai bahaya. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments