Buat Jam Digital, Ahmed Malah Dituduh Buat Bom

CiriCara Tekno – Ahmed Mohammed, seorang pelajar di Amerika Serikat mendadak jadi pusat perhatian karena ditangkap polisi dengan tuduhan membuat bom. Pelajar ini langsung diamankan dan diborgol di depan teman-temannya saat berada di sekolah. Namun tak lama diketahui bahwa remaja muslim usia 14 tahun ini hanya membuat sebuah jam digital sederhana.

Kejadian ini bermula saat Ahmed yang merupakan siswa di MacArthur High School di Texas membawa jam digital buatannya untuk ditunjukkan kepada guru. Namun karena bentuknya mirip bom, sang guru pun curiga dan langsung melapor ke polisi setempat. Tak lama, Ahmed langsung diborgol dan dinterogasi oleh sekitar 5 polisi.

“Kami berusaha mengonfirmasi remaja tersebut tentang apa itu, ia (Ahmed) memberitahu kami jika itu hanya sebuah jam,” jelas Juru Bicara Kepolisian Irving, James MsLellan. Ahmed pun akhirnya dibebaskan.

Ahmed memang diketahui merupakan salah satu siswa yang gemar dengan ilmu robotik. Ia pun tercatat sebagai anggota klub robot di sekolahnya.

Ahmed (usatoday)

Ahmed (usatoday)

Setelah ramai diberitakan, gelombang dukungan untuk Ahmed pun mulai bermunculan. Presiden Amerika Serikat Barack Obama bahkan berniat untuk mengundang Ahmed ke Gedung Putih. Hal ini sampaikan Obama melalui akun Twitter resminya.

“Jam yang keren Ahmed. Maukah kamu membawanya ke Gedung Putih? Kita harus menginspirasi lebih banyak anak seperti kamu agar menyukai ilmu sains. Itulah yang membuat Amerika hebat,” tulis Obama di Twitter, seperti dikutip dari detikINET, Kamis (17/9/2015).

Hal serupa pun disampaikan bos Facebook, Mark Zuckerberg. Melalui akun Facebook-nya, Zuckerberg mengaku dengan senang hati menerima kedatangan Ahmed di Facebook jika dia mau berkunjung.

“Memiliki skill dan ambisi untuk membuat sesuatu yang keren harus dihargai, bukannya malah ditangkap. Masa depan dimiliki oleh orang seperti Ahmed. Ahmed, jika kamu ingin datang ke Facebook, aku ingin bertemu denganmu,” tulis Zuckerberg di Facebook.

Jam Ahmed

Jam buatan Ahmed – dallasnews.com

Tidak hanya itu, tawaran serupa pun datang dari Google dan cloud Box. Google mengundang Ahmed untuk jadi bagian dalam pameran sains yang mereka adakan. Sementara Aaron Levie, pendiri perusahaan layanan cloud Box mengundang Ahmed untuk datang ke kantornya.

Situs jejaring sosial Twitter bahkan menawari Ahmed untuk magang di perusahaannya. Twitter mengajak Ahmed untuk membuat sesuatu yang baru.

Namun demikian Ahmed sendiri baru mengungkapkan niatnya untuk datang ke Gedung Putih memenuhi undangan Presiden Barack Obama. Mengenai tawaran para perusahaan teknologi tersebut, Ahmed belum memberikan kepastian.

Benar-benar musibah membawa berkah. Selamat Ahmed!

About the author /


Post your comments