Canon Buat Sensor Kamera Terbesar di Dunia, 250 MP

Canon

CiriCara Tekno – Perusahaan alat fotografi asal Jepang, Canon mengumumkan teknologi sensor kamera terbaru yang tengah dibuatnya. Canon mengklaim teknologinya kali ini mempunyai resolusi yang lebih besar dan bahkan disebut sebagai yang terbesar di dunia saat ini.

Teknologi sensor kamera tersebut diberi kode APS-H CMOS. Dalam keterangannya, Canon menyebutkan bahwa APS-H CMOS hadir dengan sensor kamera beresolusi hingga 250 megapiksel (19.580 x 12.600). Seperti yang diketahui, saat ini memang masih belum ada kamera yang menggunakan resolusi sebesar itu.

Sensor kamera Canon APS-H diklaim mempunyai kemampuan membaca detail cahaya dengan kecepatan hingga 1.25 miliar pixel per detik. Tidak hanya dalam hal foto, teknologi terbaru Canon ini juga unggul dalam pengambilan video beresolusi tinggi. Dimana sensor kamera ini mampu mengambil video hingga 5 fps dengan hasil gambar 30 kali lebih cerah dibanding resolusi 4k.

Dengan resolusi sebesar 250 MP tersebut, menurut Canon sensor kamera APS-H itu sangat cocok dipakai sebagai kamera pengawas untuk mencegah kejahatan maupun sebagai instrumen alat ukur yang membutuhkan ultra-high-resolution. Canon juga mengklaim teknologinya itu bisa dipakai untuk kebutuhan industrial dan berbagai bentuk ekspresi visual lainnya.

Namun demikian, penerapan sensor kamera APS-H pada kamera DSLR Canon masih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini karena pihak Canon sendiri masih melakukan pengembangan terhadap teknologi sensor kamera terbarunya tersebut.

Bisa dibayangkan jika kamera DSLR Canon dibekali sensor kamera 250 MP, pasti hasil jepretan Anda akan sangat terlihat nyata dan hidup. Namun tentunya harga yang harus ditebus untuk memiliki kamera beresolusi tinggi itu akan sangat mahal. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Canon.

About the author /


Related Articles

Post your comments