Cara Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

baterai smartphone

CiriCara Tekno – Kebanyakan pengguna smartphone sering mengeluhkan masalah baterai yang cepat habis. Bahkan beberapa pengguna mengaku harus menge-charge smartphone lebih dari satu kali dalam satu hari. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama?

Daya tahan baterai smartphone bisa dibilang lebih rendah dibanding ponsel jaman dulu (jadul). Hal ini terjadi karena smartphone memiliki fitur yang lebih banyak dibanding ponsel jadul yang hanya bisa dipakai untuk SMS dan telepon. Meski kapasitas baterainya besar, tetap saja baterai smartphone akan cepat habis.

Untuk mengatasi masalah tersebut kebanyakan orang saat ini langsung memilih untuk membeli powerbank sebagai pengisi daya cadangan. Namun bagi Anda yang malas untuk mengeluarkan uang lebih buat membeli powerbank, berikut ada beberapa tips agar baterai smartphone bisa bertahan lebih lama.

1. Kondisikan dalam keadaan “sleep”

Setelah tidak dipakai, usahakan untuk mengkondisikan smartphone dalam mode “sleep” atau tertidur. Dengan demikian konsumsi daya baterai smartphone agar melambat dan lebih tahan lama. Membiarkan kondisi layar smartphone tetap menyala saat tidak dipakai akan menguras banyak daya baterai.

2. Matikan notifikasi

Apakah Anda sering mendapat pesan notifikasi dari media sosial di smartphone? Jika iya, sebaiknya matikan fitur notifikasi tersebut segera. Caranya tentu dengan mengeluarkan akun media sosial Anda setelah tidak dipakai. Notifikasi-notifikasi yang tidak begitu penting itu bisa menguras daya baterai smartphone Anda.

3. Matikan Bluetooth, WiFi, dan GPS

Jika tidak sedang dipakai, sebaiknya matikan fitur Bluetooth, WiFi, dan GPS di smartphone Anda. Karena fitur-fitur tersebut juga dapat menguras daya baterai smartphone jika terus diaktifkan. Jadi, jangan sampai Anda lupa untuk mematikan fitur tersebut saat tidak dipakai.

4. Kurangi tingkat keterangan layar

Kecerahan atau keterangan layar juga bisa berpengaruh pada borosnya baterai smartphone. Anda bisa melihatnya sendiri di menu settings atau pengaturan. Di situ Anda bisa melihat perbedaan konsumsi daya saat layar mati dan saat layar menyala terang. Untuk itu kurangi tingkat kecerahan layar Anda supaya daya baterai smartphone tetap awet.

5. Jangan terlalu sering main game/nonton video

Tidak ada smartphone yang dapat bertahan lama jika dipakai untuk bermain game selama berjam-jam. Selain bermain game, menonton video di smartphone juga akan menguras daya baterai. Apalagi jika video yang ditonton durasinya sampai 1 jam atau bahkan 2 jam lebih.

Bijak dalam menggunakan smartphone bisa menghemat daya baterai. Selain itu, cara di atas juga bisa membantu menghindarkan Anda dari kecanduan smartphone.

About the author /


Related Articles

Post your comments