Cara Agar Ponsel Android tidak Lemot

CiriCara Tekno – Ponsel pintar berbasis Android dibekali spesifikasi yang berbeda-beda. Namun kebanyakan penggunanya sering mengeluhkan kinerja ponsel Android yang lama-lama menjadi lemot. Proses membuka aplikasi yang dulu hanya butuh waktu beberapa detik kini jadi sangat lama dan bahkan sering menutup sendiri.

Ponsel Android jadi lemot bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari usia pemakaian dan juga kapasitas RAM yang menipis. Namun demikian, bukan berarti smartphone yang punya kapasitas RAM besar bisa berjalan lebih lancar. Pasalnya spesifikasi RAM yang tertulis di kertas tidak akan sama dengan yang ada di dalam ponsel.

Berikut cara agar ponsel Android tidak lemot:

1. Hindari aplikasi online

Sebaiknya kamu jangan terlalu banyak menginstal aplikasi online di Android. Hal ini karena aplikasi online akan menguras habis kapasitas RAM Android. Aplikasi online biasanya akan muncul dengan sendirinya jika terkoneksi dengan internet. Tanpa kita sadari, aplikasi tersebut terus terbuka dan malah jadi beban untuk RAM.

2. Tutup aplikasi

Kebiasaan pengguna Android selalu menekan tombol “home” untuk keluar dari aplikasi. Padahal aplikasi tersebut masih terbuka di latar belakang dan akan terus membebani RAM. Cara yang paling benar keluar dari aplikasi adalah pilih menu di aplikasi lalu exit atau keluar. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek aplikasi apa saja yang terbuka di latar belakang dan segera singkirkan dengan cara digeser dari kiri ke kanan.

3. Lihat aplikasi yang berjalan

Sudah melakukan cara di atas, tapi ponsel Android kamu masih lemot? Segera buka menu setting atau pengaturan, lalu kemudian pilih aplikasi dan geser ke menu aplikasi yang sedang berjalan. Di sini kamu bisa melihat daftar nama aplikasi apa saja yang menguras RAM. Telusuri dan tutup aplikasi yang sudah tidak kamu pakai.

4. Hapus cache aplikasi

Selanjutnya kamu juga harus secara rutin mengecek cache aplikasi yang sudah tidak terpakai. Caranya, buka menu setting lalu pilih aplikasi terinstal dan pilih salah satu aplikasi yang memakan banyak memori, setelah itu hapus cache atau data. Tapi ingat! Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di aplikasi tersebut. Jadi pastikan dulu tidak ada data penting di aplikasi tersebut.

5. Restart atau reboot

Sudah berapa lama ponsel Android kamu menyala? Jika hampir setiap hari menyala, sebaiknya sesekali kamu lakukan proses restart atau reboot. Cara ini biasanya ampuh untuk mengembalikan performa ponsel Android agar tidak lemot lagi. Tapi jika masih lemot juga, sebaiknya lakukan factory reset dengan risiko semua data di ponsel akan terhapus.

Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments