Cara Bedakan Smartphone Xiaomi Palsu dan Asli

Xiaomi Palsu dan Asli

CiriCara Tekno – Nama produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi belakangan ini mulai banyak dikenal penggemar gadget. Hal ini karena Xiaomi berani memasarkan smartphone berspesifikasi tinggi miliknya dengan harga yang terjangkau. Tidak heran jika semakin banyak orang yang ingin membali smartphone Xiaomi.

Namun, ketenaran Xiaomi ternyata dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk menjual produk palsu atau KW. Hal ini terjadi pada salah seorang pembeli yang mengaku mendapatkan smartphone Xiaomi palsu.

Tidak mau tertipu juga? Simak cara membedakan smartphone Xiaomi palsu dan asli berikut ini:

1. Kunjungi situs https://jd.mi.com

Kamu bisa mengunjungi situs resmi pengecekan smartphone yang sudah disediakan Xiaomi, yakni https://jd.mi.com melalui komputer atau laptop. Kemudian kamu download file APK yang ada di situs tersebut, lalu kamu install di smartphone Xiaomi yang ingin kamu uji keasliannya.

Setelah proses instal selesai, sekarang kamu buka aplikasi tadi di smartphone. Arahkan kamera smartphone Xiaomi ke kode QR di layar komputer, tunggu sampai proses scan selesai. Nantinya situs web tersebut akan memberitahu apakah Xiaomi yang Anda punya asli atau tidak.

Sayang, cara ini hanya bisa dilakukan untuk smartphone Xiaomi terbaru saja, seperti Mi 4 dan Mi 4i. Untuk smartphone Xiaomi versi yang lawas belum didukung oleh aplikasi ini. Masih bingung? Lihat video tutorialnya di sini.

2. Aplikasi benchmark

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi benchmark seperti Antutu, CPU-Z, atau Sensor Box. Tapi sebelum itu kamu harus melakukan factory reset dahulu untuk menghilangkan software buatan yang digunakan pelaku untuk menyamarkan smartphone Xiaomi palsu. Nantinya aplikasi benchmark ini akan menunjukkan detail spesifikasi dari smartphone Xiaomi yang kamu punya. Coba kamu cocokan dengan spesifikasi asli yang ada di internet atau kemasannya. Jika tidak cocok, itu artinya Xiaomi kamu palsu.

3. Cek versi sistem operasi

Smartphone Xiaomi asli biasanya menggunakan MIUI, tampilan antarmuka buatan Xiaomi. Jika ternyata di smartphone Xiaomi kamu tertulis MIUI versi Beta atau yang lainnya, itu artinya smartphone tersebut palsu. Kamu juga bisa mencari di internet sistem MIUI yang tercantum di smartphone kamu. Jika ternyata tidak ditemukan, itu artinya smartphone Xiaomi kamu palsu.

4. Kualitas kamera

Kebanyakan smartphone palsu biasanya memiliki kualitas kamera yang lebih rendah dibanding yang aslinya. Karenanya sangat penting untuk mengecek kualitas kameranya sebelum membelinya. Namun demikian, cara ini tidak bisa dijadikan patokan. Pasalnya beberapa smartphone palsu juga ada yang memiliki kamera sama dengan versi asli.

5. Cek IMEI dan serial number

Coba kamu perhatikan nomor IMEI dan serial number smartphone Xiaomi kamu. Apakah semua nomornya sama seperti yang tertera di kotak atau dus? Jika ada yang tidak sesuai, kemungkinan smartphone Xiaomi kamu palsu.

Demikianlah beberapa cara untuk membedakan Xiaomi palsu dengan Xiaomi asli. Semoga bermanfaat.

About the author /


Post your comments