Cara Instal Android Marshmallow di Smartphone

android m

CiriCara Tekno – Google secara resmi telah meluncurkan sistem operasi Android terbaru yang akhirnya diberinama Android M atau Android Marshmallow. Namun demikian, Google masih belum merilisnya untuk pengguna perangkat Android secara keseluruhan.

Sebagai gantinya, untuk Anda yang sudah tidak sabar ingin mencoba menggunakan Android Marshmallow, Google telah merilis versi preview-nya. Namun demikian, Android Marshmallow versi Developer Preview 3 yang dirilis Google ini hanya bisa dipakai untuk pengguna perangkat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player.

Menurut laman Androidpit, selain perangkat Nexus tersebut, Android M Developer Preview 3 itu tidak bisa diinstal di perangkat Android lainnya. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki perangkat Nexus, sebaiknya jangan coba-coba menginstal Android M Preview agar tidak terjadi kesalahan para perangkat Anda.

Bagi pengguna Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player, berikut ada tutorial untuk mendapatkan instal Android M versi preview.

Versi final Android M preview yang bisa diunduh memiliki build number MPA44G. Untuk membantu proses instal, sebaiknya Anda juga menyiapkan perangkat komputer atau laptop Anda untuk mengunduh file.

– Download ADB Tools and ekstrak file zip melalui komputer atau laptop Anda.
– Download Android M preview untuk Nexus kemudian ekstrak file tersebut di dalam folder ADB Tools yang sudah didownload sebelumya.
– Untuk mendapatkan file Android M preview, Anda bisa mendownloadnya di sini: Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player. Pilih sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.
– Unlock bootloader di Nexus
– Aktifkan USB Debugging di Nexus
– Driver yang relevan diinstal pada komputer Anda.
– Matikan perangkat Nexus Anda
– Tekan dan tahan tombol “Power” + “Volume Down” secara bersamaan untuk me-restart perangkat masuk ke bootloader.
– Sambungkan perangkat Nexus ke komputer dengan kabel USB.
– Buka Windows Explorer, cari firmware yang Anda ekstrak tadi di dalam folder ADB Tools.
– Dobel klik pada file flash.all.bat dan tunggu prosesnya. Perangkat Nexus Anda akan reboot secara otomatis. Lalu setelah menyala, Nexus akan berubah tampilan menggunakan Android Marshmallow versi preview tersebut. Namun, pengguna tidak akan memperoleh fungsi Android Marshmallow secara penuh.

Sebelum melakukan instal, sebaiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu. Karena saat proses instal ini semua data akan terhapus dari perangkat smartphone Anda. Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments