Cara Memainkan Game PSP di Android

Game PSP di Android

CiriCara Tekno – Ketenaran PlayStation Portable (PSP) mungkin sudah digantikan oleh smartphone. Namun demikian keinginan untuk memainkan game-game PSP mungkin masih cukup tinggi. Apalagi banyak game di PSP yang dikenal cukup melegenda. Mau tahu cara memainkan game PSP di smartphone Android?

Berikut cara memainkan game PSP di smartphone Android, seperti dilansir dari Ubergizmo:

1. Download Emulator PSP

PPSSPP

Untuk bisa memainkan game PSP di smartphone, tentu kamu harus punya emulator PSP terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Ada banyak emulator PSP yang tersedia di Play Store, namun kali ini kita akan mencoba emulator PSP dari PPSSPP.

Download aplikasi PPSSPP gratis. Namun pastikan dulu smartphone yang kamu pakai sudah dibekali sistem operasi Android versi 2.3 ke atas. Terdapat pula PPSSPP versi berbayar, dimana aplikasi ini tidak akan memunculkan iklan.

2. Tambahkan ISO Image

 

PSP UMD

PPSSPP hanya menyediakan beberapa game saja. Untuk mendapatkan game lebih banyak, kamu bisa menambahkan ISO Image game PSP ke smartphone. Kamu bisa mendapatkan ISO Image dari PSP UMD (Universal Media Disc) atau bisa juga download di internet.

Jika ISO Image sudah ditambahkan ke smartphone, kamu tinggal membuka aplikasi PPSSPP kemudian pilih menu “Games”, pasti game yang ISO Image-nya sudah kamu tambahkan ke smartphone akan muncul. Kamu tinggal tap gambar permainan tersebut untuk memainkannya.

3. Tombol virtual

PPSSPP 2

Saat memulai permainan, kamu akan mendapati tombol-tombol virtual yang fungsinya sama seperti tombol pada PSP. Kamu bisa menggerakan karakter dalam game menggunakan tombol virtual tersebut. Namun tombol virtual ini sedikit mengganggu “pemandangan” jadi butuh waktu untuk membiasakan diri.

4. Setting

PPSSPP 3

Aplikasi virtual PPSSPP ini juga menyediakan menu Setting yang bisa dipakai untuk mengatur game, mulai dari efek suara hingga kualitas grafis. Kamu bisa mengaturnya sendiri sesusai dengan selera.

Namun demikian, perlu kamu tahu bahwa tidak semua game bisa berjalan lancar saat dimainkan. Beberapa game ada yang berjalan lambat dan bahkan tidak bisa dimainkan sama sekali. Untuk itu dianjurkan menggunakan smartphone Android yang mempunyai spesifikasi menengah ke atas demi kelancaran saat bermain. Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments