Cara Membuka Kunci Android yang Lupa

CiriCara Tekno – Smartphone Android dibekali sistem keamanan berupa kunci pola atau sandi agar tidak sembarangan orang bisa membukanya. Namun terkadang, kita juga bisa lupa dengan pola atau sandi yang kita buat sendiri. Akibatnya smartphone Android tidak bisa dibuka. Harus bagaimana?

1. Pakai menu “Forgot Password” atau “Pattern”

Sebelum kamu melakukan langkah pertama ini, pastikan dulu smartphone Android kamu sudah terkoneksi dengan internet. Entah itu internet provider maupun internet melalui jaringan WiFi. Jika sudah, sekarang coba kamu masukkan beberapa kata sandi atau buat pola berulang-ulang sampai muncul menu “Forgot Password” atau “Pattern” lalu pilih menu tersebut.

Kemudian, kamu tinggal masukkan username atau email dan password akun Google kamu yang dipakai untuk mengakses Play Store di Android tersebut, lalu kemudian tekan “Sign In”. Dengan cara ini kamu bisa membuka kunci dan membuat kunci yang baru. Ingat! Pastikan smartphone sudah terkoneksi dengan internet.

2. Telepon masuk

Jaringan internet atau WiFi di ponsel Android yang terkunci belum dinyalakan? Tenang, kamu bisa mengaturnya dengan cara melakukan telepon dari ponsel lain ke nomor ponsel Android yang terkunci tersebut. Jawab panggilan masuk tersebut, kemudian tekan menu lalu masuk ke Settings dan nyalakan internet atau WiFi. Jangan akhiri panggilan sebelum kamu selesai menyalakan internet di ponsel Android yang terkunci.

Jika sudah, akhiri panggilan telepon dan lakukan cara seperti penjelasan pada cara pertama.

3. Factory reset

Kamu juga lupa username atau password akun Google? Terpaksa kamu harus melakukan cara terakhir, yakni factory reset. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di Android, termasuk pola atau sandi kunci. Dengan demikian, ponsel Android kamu bisa kembali dibuka. Bagaimana cara?

Untuk melakukan factory reset, kamu bisa menekan tombol “power” dan “volume up” secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik. Atau tekan tombol “power” dan “volume down” secara bersamaan, atau bisa juga tekan tombol “power”, “home”, dan “volume” secara bersamaan. Setiap ponsel Android berbeda cara, kamu bisa cari sendiri di Google dengan menulis merek dan tipe ponsel Android yang terkunci.

Perlu diingat, factory reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam ponsel Android. Mulai dari file musik, foto, dan kontak. Untuk itu, sebaiknya copot dulu microSD dan SIM Card yang terpasang agar datanya tidak ikut terhapus, ganti dengan SIM Card tidak terpakai.

Selamat mencoba!

About the author /


Post your comments