Cara Menambah RAM di Ponsel Android

CiriCara Tekno – Setiap ponsel Android dibekali spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk kapasitas RAM (Random Access Memory) yang ada di dalamnya. Umumnya ponsel Android dibekali RAM berukuran mulai dari 512MB sampai dengan 4GB.

RAM ini biasanya akan terpakai saat ponsel Android membuka aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka kapasitas RAM yang terpakai semakin besar dan akibatnya kinerja ponsel pun akan jadi lambat. Untuk mencegahnya, ada baiknya jangan membuka aplikasi terlalu banyak secara bersamaan.

Sudah menutup aplikasi tapi masih saja lemot? Tenang, ada kok trik untuk menambahkan RAM Android. Simak caranya berikut ini:

1. Pakai aplikasi Swapper for Root

Swapper

Download dan instal aplikasi Swapper for Root pada ponsel Android kamu. Setelah aplikasi selesai diinstal, buka aplikasi tersebut dan ikuti beberapa langkah konfigurasi berikut:

– Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
– Swap File Position, pilih opsi SD Card FAT Partition.
– Swap File Size, masukkan nilai yang ingin ditambahkan untuk virtual memori, misal 2048MB.
– Jika sudah selesai, simpan pengaturan tersebut.

2. Instal aplikasi SD Booster

SD Booster

Langkah berikutnya kamu bisa unduh dan instal aplikasi SD Booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan SD Card dalam membaca dan menuliskan data. Jika sudah selesai diinstal, kamu bisa melakukan beberapa settingan. Buka aplikasi SD Booster dan ikut langkah berikut ini:

– Pilih “Setup” dan isi kolom “Cache size” dengan nilai yang direkomendasikan yakni 1024 atau 2048. Kolom “Cache size (current/user)” menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.

– Pilih “Set this device on boot” kemudian bisa langsung pilih tanda centang untuk menyimpan pengaturan. Tujuannya agar nilai cache tidak kembali ke awal setiap kali ponsel direstart.

3. Instal aplikasi RAM Manager Pro

RAM Manager Pro 2

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi RAM Manager Pro di ponsel Android. Setelah selesai diinstal, buka aplikasi tersebut. Pilih “Extra” lalu centang “Lock launcher in memory” dan “Set on boot”. Kemudian pilih “Swap File” dan isi kolom swap file location dengan “/storage/extsdcard” tanpa tanda petik. Selanjutnya isi kolom berikutnya dengan ukuran swap file yang akan di virtualkan, pilih saja 2048MB. Setelah itu pilih Confirm.

Proses Swap FIle ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, yakni 15 menit sampai 1 jam. Jadi pastikan dulu baterai ponsel Android kamu dalam kondisi penuh. Jika sudah selesai kamu bisa restart ponsel. Jika sudah berhasil biasanya akan muncul file bernama “Swap File” di memori card. Sekarang RAM Android kamu sudah bertambah.

Namun, cara di atas hanya bisa bekerja pada ponsel Android yang sudah di-root. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About the author /


Related Articles

Post your comments