Cara Mencabut Flashdisk Tanpa “Safely Remove”

Melepas Flashdisk

CiriCara Tekno – Apa yang pertama kali kamu lakukan ketika akan mencabut atau melepas flashdisk dari perangkat komputer? Tentu kebanyakan di antara kamu akan memilih “safely remove” demi menjaga data yang tersimpan di flashdisk agar tidak rusak.

Namun kenyataannya, melakukan safely remove sebelum mencabut flashdisk bisa jadi langkah yang merepotkan. Apalagi jika saat itu kamu dalam kondisi yang terburu-buru. Meski prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik, namun tetap saja cara itu dinilai tidak efektif.

Adakah cara lain mencabut flashdisk tanpa safely remove namun tetap aman? Simak cara-cara berikut ini:

1. Pasang USB Flashdisk

9-8-2015 3-04-01 PM

Hubungkan USB flashdisk kamu ke perangkat komputer atau laptop. Kemudian buka menu “Device Manager”. Kamu bisa langsung klik “Start” atau lambang Windows dan ketik “device manager” di kolom pencarian. Tunggu beberapa saat sampai menu device manager itu muncul, lalu kemudian klik menu tersebut.

2. Klik Disk Drives

Kompas Tekno

Kompas Tekno

Setelah kamu berhasil menemukan menu Device Manager, selanjutnya kamu cari menu “Disk Drives”. Klik menu tersebut untuk melihat daftar disk yang terhubung ke komputer. Klik dua kali pada nama USB Flashdisk kamu, tunggu beberapa saat sampai muncul sebuah menu.

3. Pilih Quick Removal

Kompas Tekno

Kompas Tekno

Pada menu tersebut kamu pilih tab “Policies” dan cari bagian Removal Policy. Pilih Quick Removal (default). Dengan demikian baik USB Flashdisk maupun Windows tidak akan membuat cache, sehingga flashdisk kamu bisa langsung dilepas setelah tidak dipakai.

Namun demikian sebelum mencabut flashdisk, sebaiknya kamu pastikan dulu kalau flashdisk kamu sudah benar-benar tidak terpakai. Hindari mencabut flashdisk saat masih dipakai seperti menyalin data, memutar musik, atau video karena bisa merusak flashdisk. Pastikan juga lampu indikator di flashdisk sudah mati sebelum kamu cabut.

Sebaiknya selesaikan dulu semua proses menyalin datanya dan jangan lupa untuk menutup gambar atau video yang dibuka dari flashdisk. Mencabut secara sembarangan akan merusak data dan juga bisa menyebabkan windows jadi error.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About the author /


Post your comments