Cara Mengecek Apakah Ponsel Android Sudah Di-root atau Belum

Root Android

CiriCara Tekno – Sebelum membeli ponsel Android, mungkin kamu sering bertanya-tanya apakah ponsel tersebut sudah di-root atau belum. Kehawatiran ini sering muncul terutama jika kamu membeli ponsel Android bekas. Atau mungkin kamu sudah melakukan proses root tapi masih belum yakin apakah sudah berhasil.

Untuk mengetahui ponsel Android sudah di-root atau belum sebenarnya cukup mudah. Buat kamu yang masih ragu-ragu atau penasaran apakah ponsel Android kamu sudah di-root atau belum, berikut ada beberapa panduan cara untuk mengeceknya:

1. Download aplikasi Root Checker

Aplikasi Root Checker

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi Root Checker yang tersedia gratis di Google Play Store. Jika sudah selesai didownload, kemudian tunggu sampai aplikasi tersebut selesai diinstal di ponsel.

2. Lakukan pengecekan

Disclaimer

Setelah selesai diinstal, buka aplikasi Root Checker. Jika ada pop-up yang muncul dan meminta persetujuan, kamu tinggal pilih saja “Agree”.

3. Pilih Verify Root Access

Verify Root

Pada aplikasi Root Checker ada beberapa pilihan menu, kamu bisa pilih “Verify Root Access”. Menu ini berguna untuk mengecek ponsel Android kamu apakah sudah di-root atau belum. Tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar.

4. Pilih Allow

Jika muncul pop-up untuk mengakses Superuser kamu bisa pilih “Remember choice forever” lalu pilih “Allow” untuk melanjutkan pengecekan. Atau kamu bisa pilih “Deny” untuk membatalkan pengecekan root di ponsel Android kamu.

5. Hasil pengecekan

Hasil Verify Root

Jika hasil pengecekan bertuliskan “Congratulations! This device has root access!”, itu artinya ponsel Android kamu sudah berhasil di-root. Tapi jika muncul pesan bertuliskan “This device does not have proper root access”, itu artinya ponsel Android kamu belum di-root.

Bagaimana? Mudah bukan?

Sekadar info, keputusan untuk melakukan root Android bisa memberikan efek negatif tersendiri bagi penggunanya. Ponsel Android yang sudah di-root pun disebut-sebut memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibanding sebelum di-root. Untuk mencegah serangan virus, hindari menginstall aplikasi dari luar Google Play Store.

About the author /


Related Articles

Post your comments