Cara Menghubungkan Flashdisk ke Android

Flashdisk ke Android

CiriCara Tekno – Smartphone dan juga tablet Android memiliki kapasitas memori yang terbatas. Untuk menyiasatinya kita biasanya menggunakan media penyimpanan micro SD sebagai memori tambahan. Masih belum cukup juga? Kamu bisa menggunakan USB flashdisk.

USB flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan eksternal yang paling sering digunakan untuk menyimpan file dan data berukuran besar. Flashdisk ini umumnya dipakai sebagai media penyimpanan eksternal untuk perangkat komputer. Namun seiring kemajuan teknologi, Flashdisk kini juga bisa dipakai untuk smartphone atau tablet Android.

Mau tahu caranya menghubungkan flashdisk ke Android agar bisa terbaca?

1. Pakai USB OTG

USB OTG

Untuk bisa menghubungkan flashdisk ke smartphone Android, kamu harus punya USB OTG (On The Go). Kamu bisa membeli USB OTG ini di toko elektronik maupun toko online dengan harga berkisar mulai dari Rp 15 ribu sampai dengan Rp 50 ribu ke atas untuk versi yang bagus.

Setelah itu, kamu tinggal hubungkan USB OTG ke smartphone dan juga flashdisk. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi flashdisk terhubung ke smartphone. Jika sudah terbaca, kamu bisa membuka isi flashdisk melalui file manager.

2. Download StickMount

StickMount

Jika flashdisk tidak terbaca, itu artinya smartphone Android kamu tidak support USB OTG. Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa download aplikasi StickMount dan Astro File Manager agar flashdisk bisa terbaca. Namun smartphone Android kamu harus di-root terlebih dahulu.

Setelah aplikasi StickMount dan Astro File Manager terinstal di Android, sekarang hubungkan flashdisk ke USB OTG dan sambungkan ke smartphone. Check “use by default” dan tekan OK ketika ada notifikasi yang muncul dan memerintahkan “Open StickMount when this USB device is connected.” Berikan hak akses Super User untuk aplikasi StickMount.

Jika berhasil, kamu akan mendapatkan pemberitahuan. Sekarang buka aplikasi Astro File Manager dan pilih nama flashdisk kamu untuk membuka file yang tersimpan di dalamnya.

Untuk menghindari smartphone Android terkena virus, sebaiknya cek dulu flashdisk kamu sebelum dihubungkan ke smartphone. Apalagi jika flashdisk kamu sering dikoneksikan dengan komputer umum atau warnet yang rawan virus.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

About the author /


Post your comments