Cara Menguatkan Sinyal Ponsel

Sinyal

CiriCara Tekno – Kamu pasti pernah mengalami telepon tiba-tiba terputus atau telepon dengan suara yang tidak jelas. Hal ini disebabkan oleh faktor sinyal operator yang lemah atau buruk. Lalu adakah cara untuk mengatasi masalah ini?

Masalah sinyal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari lokasi, jangkauan jaringan yang terbatas, dan juga cuaca. Tentu hal ini akan sangat mengganggu apalagi jika Anda sedang melakukan telepon yang sangat penting. Untuk mengatasi masalah sinyal lemah di ponsel, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Deteksi sinyal

Sinyal HP

Coba cari tahu titik mana saja di rumah Anda yang memiliki sinyal tinggi dengan cara mendeteksi sinyal. Untuk ponsel Android caranya, pilih Settings lalu About lalu klik Network. Di menu ini Anda bisa melihat kekuatan sinyal dalam satuan dBm. Jika kekuatan sinyal menunjukkan -100 dBm, itu artinya sinyal tersebut buruk. Tapi jika menunjukkan -70 dBm, itu artinya sinyal bagus.

Cobalah berjalan menelusuri rumah sambil melihat perubahan sinyal di ponsel Anda. Dengan begitu Anda bisa tahu lokasi yang tepat untuk menelepon. Untuk pengguna iOS bisa mendeteksi sinyal dengan cara menekan *3001#12345# pada dial pad.

2. Airplane mode

Airplane

Masalah sinyal lemah pada ponsel bisa diatasi dengan cara mengganti modus telepon. Ubah ke Airplane mode selama kurang lebih 3 detik, lalu ubah kembali ke mode awal. Cara ini mirip dengan cara mereset sinyal. Dengan cara ini ponsel biasanya akan mencari sinyal yang paling kuat yang ada di sekitar. Cocok dilakukan setelah Anda melakukan perjalanan.

3. Buka jendela

buka jendela

Anda menelepon di dalam ruangan dan suaranya tidak jelas atau putus-putus? Segera buka jendela rumah Anda. Dengan membuka jendela maka sinyal tidak akan terhalang lagi. Hal ini juga berlaku jika Anda sedang menelepon di dalam mobil.

4. Daya baterai

baterai smartphone

Kekuatan sinyal juga bisa dipengaruhi oleh daya baterai pada ponsel. Hal ini karena beberapa ponsel mempunyai mode untuk menghemat baterai yang bisa menghambat kinerja penangkap sinyal. Untuk mengatasi maslah ini, Anda cukup melakukan charge baterai saja.

5. Cari pemancar sinyal

OpenSignal

Untuk mengetahui lokasi pemancar sinyal terdekat, Anda bisa mendownload aplikasi Open Signal yang tersedia di Play Store. Aplikasi untuk ponsel Android ini akan membantu Anda mencari lokasi pemancar sinyal terdekat. Semakin dekat posisi Anda dengan pemancar sinyal, maka semakin kuat sinyal yang didapat.

About the author /


Related Articles

Post your comments