Facebook Akan Munculkan Tombol “Dislike”

CiriCara Tekno – Setelah bertahun-tahun menggunakan ikon tombol “like” kini Facebook mulai melirik untuk memunculkan tombol “dislike”. Hal ini diungkapkan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dalam sesi tanya jawab yang diadakan di markas Facebook di Menlo Park, California.

Menurut Zuckerberg, selama bertahun-tahun dirinya dibanjiri oleh pertanyaan kenapa tidak ada tombol dislike (tidak suka) di media sosial besutannya itu. Seperti yang sudah kita diketahui Facebook sudah memunculkan tombol like sejak tahun 2009 namun hingga saat ini belum ada tombol dislike.

“Mungkin ratusan orang telah bertanya soal (tombol dislike) ini, dan hari ini adalah hari khusus karena saya bisa sampaikan bahwa kami sedang mengerjakannya dan hampir siap untuk mengetesnya,” tutur Zuckerber kepada hadirin pada Selasa (15/9/2015).

Zuckerberg menjelaskan bahwa pihaknya memahami tidak semua postingan di Facebook tepat untuk diberi like. Karena alasan inilah Facebook mulai melakukan uji coba untuk memunculkan tombol dislike. Namun, tombol dislike ini nantinya dipakai untuk menyatakan rasa duka atau turut bersedih saat ada postingan duka atau musibah.

Menurut Zuckerberg, akan terasa aneh jika postingan duka atau musibah malah mendapat like. Karena itulah diperlukan tombol dislike untuk menunjukkan rasa empati terhadap suatu postingan yang bersifat musibah. Jadi tombol dislike ini bukan untuk menjatuhkan postingan orang lain.

“Jika Anda mengekspresikan sesuatu yang sedih, tentu tak akan nyaman untuk memberi ‘Like’ di publikasi tersebut. Fitur baru (dislike) ini memungkinkan para teman dan keluarga Anda agar lebih memahami apa yang Anda rasakan,” ujar Zuckerberg.

Hingga saat ini Zuckerberg masih belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana cara kerja dari tombol dislike tersebut. Kapan pasti tombol dislike ini bakal muncul di Facebook untuk umum pun masih belum diketahui.

Kabar kemunculan tombol dislike di Facebook ini bukan pertama kali berhembus. Beberapa tahun lalu juga sudah ramai dikabarkan bahwa situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini akan memunculkan tombol dislike. Namun nyatanya hingga saat ini hal tersebut belum juga terealisasi.

Pihak Facebook sendiri beralasan bahwa tombol dislike tersebut masih belum diperlukan. Hal ini karena tombol tidak suka dinilai akan memberikan sentimen negatif yang tidak bagus untuk masyarakat.

Seperti apa tombol “dislike” yang dimaksud Zuckerberg di Facebook? Kita tunggu saja update terbarunya.

About the author /


Related Articles

Post your comments