Google Resmi Blokir Adobe Flash di Chrome

Adobe Flash dan Chrome

CiriCara Tekno – Pemblokiran Adobe Flash mulai dilakukan sejumlah pengembang browser. Setelah sebelumnya Mozilla melakukan pemblokiran Adobe Flash di Firefox, kini giliran Google yang resmi memblokir Adobe Flash di browser besutannya, Chrome per tanggal 1 Septermber, lalu. Kenapa Adobe Flash mulai diblokir?

Isu keamanan menjadi bahan pertimbangan utama kenapa Google melakukan pemblokiran terhadap Adobe Flash di browser Chrome. Sebelumnya Google telah menerima rekomendasi dari Hacking Team yang berhasil menemukan celah keamanan berbahaya di Adobe Flash. Dimana hacker bisa memakai celah tersebut sebagai cara untuk mengambil alih komputer korban dan melakukan infeksi malware di dalamnya.

Hacking Team juga mengaku telah kehilangan 400GB data cache file yang dicuri melalui celah keamanan pada Flash tersebut. Atas dasar inilah Hacking Team merekomendasikan Google untuk memblokir Adobe Flash di Chrome karena dinilai sudah tidak aman lagi. Tidak hanya Google dan Mozilla, Facebook dan Amazon pun telah mengimbau peggunanya untuk berhenti memakai flash.

Akibat pemblokiran tersebut, tampilan otomatis (autoplay) seluruh video dan animasi bergerak yang ada di dalam iklan yang menggunakan teknologi Flash akan ikut terblokir di browser Chrome dan Firefox. Sementara untuk animasi iklan atau video yang memakai teknologi HTML5 akan tetap berjalan seperti biasa dan tetap bisa autoplay.

Menurut kabar yang beredar, pemblokiran terhadap Adobe Flash akan terus berlanjut sampai pihak Adobe melakukan update terhadap sistem keamanannya. Nampaknya pihak Adobe harus bekerja keras agar bisa mengatasi isu keamanan tersebut dan kembali meyakinkan pengelola browser untuk kembali menggunakan teknologi flash.

About the author /


Post your comments