Hati-hati! App Store Apple Diserang Virus Malware

CiriCara Tekno – Bagi Anda pengguna perangkat Apple sebaiknya lebih berhati-hati lagi saat akan mengunduh aplikasi di App Store. Pasalnya toko aplikasi besutan Apple tersebut telah diserang virus malware yang mengancam keamanan pengguna. Hal ini diungkap oleh perusahaan keamanan, Palo Alto Networks.

Menurut Palo Alto Networks, sejumlah aplikasi yang ada di App Store ternyata telah terinfeksi virus malware yang sengaja disusupkan oleh hacker. Dengan malware tersebut, hacker bisa membajak URL yang sedang dibuka pengguna dan bahkan bisa mencuri password iCloud pengguna yang telah mengunduh aplikasi terinfeksi malware.

Diketahui bahwa hacker menyusupkan malware ke App Store dengan cara mengelabui pengembang aplikasi untuk mengunduh Xcode yang telah dimodifikasi. Padahal di dalam Xcode palsu bernama XcodeGhost ini ternyata sudah disisipi malware. Hal ini membuat para pengembang aplikasi ini tidak sadar telah menerbitkan aplikasi berisi malware di App Store.

Xcode sendiri adalah merupakan software yang digunakan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi yang diunggah ke toko aplikasi iOS, App Store. Memanfaatkan hal ini, hacker pun membuat Xcode palsu dengan iming-iming bisa mempercepat waktu unduhan. Padahal Xcode palsu ini berisikan malware.

Berdasarkan laporan Palo Alto Network, serangan aplikasi berisi malware tersebut paling banyak mengancam pengguna App Store di China. Pasalnya banyak pengembang aplikasi asal China yang sudah termakan iming-iming Xcode palsu yang dibuat oleh hacker.

Menanggapi laporan keamanan tersebut, pihak Apple pun langsung melakukan tindakan tegas. Apple telah menghapus sejumlah aplikasi yang diketahui terkena virus malware. Namun belum diketahui jumlah pasti aplikasi yang telah terinfeksi virus Malware di App Store.

Untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi, Apple mengimbau kepada para pengembang aplikasi untuk lebih teliti dalam mengunduh Xcode. Apple meminta para pengembang aplikasi di App Store untuk mengunduh Xcode dari sumber yang terpercaya dan valid.

Belum diketahui apakah semua aplikasi berisi malware di App Store sudah dihapus atau belum. Yang jelas, Anda tetap harus lebih berhati-hati saat mengunduh aplikasi. Terutama aplikasi dengan nama pengembang yang belum terkenal.

About the author /


Related Articles

Post your comments