Ini Negara dan Operator Seluler dengan Layanan 4G Tercepat

CiriCara Tekno – Teknologi jaringan generasi keempat (4G) Long Term Evolution (LTE) sudah dimanfaatkan sejumlah negara dalam menyediakan layanan internet. Jaringan 4G LTE ini diklaim memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding jaringan generasi ketiga (3G). Di Indonesia sendiri jaringan 4G baru mulai diterapkan beberapa waktu lalu.

Di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jerman jaringan 4G sudah dimanfaatkan sejumlah operator selular yang ada di sana sejak beberapa tahun lalu. Tidak heran jika akses internet mulai dari kecepatan unggah dan download di negara-negara tersebut dikenal sangat cepat.

Namun demikian berdasarkan laporan hasil riset dari OpenSignal, The State of LTE Q3 2015, ternyata layanan 4G di ketiga negara maju tersebut belum bisa dikatakan sebagai yang tercepat. Pasalnya layanan 4G LTE tercepat di dunia justru berada di negara New Zealand. Kecepatan download layanan LTE di negara ini mencapai 36 megabyte per second (Mbps).

Sementara itu, Korea Selatan sendiri tercatat sebagai negara yang memiliki jaringan 4G LTE terbaik di dunia. Korea Selatan diketahui memiliki tiga operator selular (telekomunikasi) ternama yang ketiganya sudah mengadopsi layanan jaringan 4G LTE, yakni SK Selecom, LG Telecom (LGT), dan Olleh.

Bahkan LGT tercatat menjadi operator seluler dengan jaringan 4G LTE terbaik di dunia. Hal ini karena jangkauan jaringan LTE operator LGT ini mampu mencakup 99,6 persen wilayah di Korea Selatan. Itu artinya hampir semua wilayah di Korea Selatan sudah terjangkau layanan LTE dari operator LGT.

Untuk operator seluler dengan layanan jaringan 4G LTE tercepat di dunia adalah operator StarHub. Operator seluler ini berasal dari Singapura dan tercatat memiliki kecepatan download mencapai 38 Mbps. Sementara rata-rata kecepatan download operator seluler di Korea Selatan hanya mampu mencapai angkat 25 Mbps.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa Korea Selatan mengungguli layanan 4G LTE di dunia. Hal ini lantaran Korea Selatan memiliki operator LGT yang mampu mencakup hampir semua wilayahnya dengan jaringan 4G. Namun, New Zealand lah yang jadi negara dengan layanan 4G tercepat di dunia.

Sementara operator Olleh dari Korea Selatan menjadi yang tercepat kedua di dunia setelah operator dari Singapura, StarHub.

Untuk membuat laporan tersebut, OpenSignal melibatkan 325.221 pengguna jaringan 4G LTE yang terhubung aktif di jaringan 4G. Seperti diketahui, OpenSignal ini merupakan perusahaan yang memetakan jaringan wireless berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Namun sayang, di Indonesia teknologi jaringan 4G LTE baru memasuki tahap uji coba.

About the author /


Related Articles

Post your comments